EQUITYWORLD FUTURES – emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih rendah pada Senin (7/12/2015) waktu setempat (Selasa pagi WIB), karena dollar AS menunjukkan penguatan.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Februari turun 8,9 dollar AS, atau 0,82 persen, menjadi 1.075,20 dollar AS per ounce.

emas berada di bawah tekanan karena indeks dollar AS naik 0,42 menjadi 98,71 pada pukul 18.00 GMT.

Kenaikan dollar AS menyusul reli singkat oleh emas pada Jumat lalu, karena para investor mulai melakukan short coveringmenjelang pertemuan kebijakan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) Federal Reserve AS Desember.

Sementara ekspektasi untuk kenaikan suku bunga pada pertemuan FOMC Desember tetap tinggi, banyak pedagang masih memilih untuk menghindari risiko memegang posisi emas hingga pertemuan FOMC.

Para analis percaya bahwa pasar sekarang telah sepenuhnya memperhitungkan ekspektasi kenaikan suku bunga Desember,

Peningkatan suku bunga The Fed mendorong investor menjauh dari emas dan menuju aset-aset dengan imbal hasil, karena logam mulia tidak mengenakan suku bunga.

Sementara itu, perak untuk pengiriman Maret turun 19,6 sen, atau 1,35 persen, menjadi 14,332 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari turun 17,4 dollar AS, atau 1,98 persen, menjadi 863,20 dollar AS per ounce.