EQUITYWORLD FUTURES – Drone memang menarik, tapi wahana terbang ini kebanyakan berukuran cukup besar sehingga agak merepotkan untuk dibawa-bawa. Nah, bagaimana jika ada drone yang ukurannya sedemikian kecil hingga tak lebih besar dari telapak tangan kamu?

Itulah yang ditawarkan oleh SKEYE Nano Drone. Sesuai namanya, ia adalah drone quadcopter terkecil di dunia dengan ukuran cuma 4x4x2 cm. Bobotnya pun hanya 11,9 gram.

Sebagaimana dirangkum Nextren dari Engadget, Selasa(18/5/2015), pembuatnya, TRNDlabs, memang merancang SKEYE agar gampang dibawa kesana-kemari dan diterbangkan di ruang sempit.

Dikendalikan lewat sebuah remote control khusus, SKEYE sanggup terbang selama 7 hingga 10 menit dalam sekali pengisian baterai. Jangkauan terbangnya mencapai 50 meter.

Drone yang dijual seharga 35 dollar AS atau sekitar Rp 450 ribu ini bahkan turut dibekali dengan lampu-lampu LED agar mudah dilihat apabila diterbangkan dalam keadaan gelap.

Biarpun kecil, SKEYE ternyata lincah. Si mungil ini, misalnya, sanggup terbang jungkir balik 360 derajat seperti dalam video demonstrasi di bawah. SKETE menyediakan tiga mode kendali yang disesuaikan dengan pengalaman penggunanya, yakni beginner, intermediate, dan advanced.

Tak dijelaskan apakah SKEYE dilengkapi dengan kamera atau tidak. Jika iya, ia tentu bakal menjadi sarana selfie yang mumpuni, kendati mungkin belum secanggih drone Lily.