EQUITYWORLD FUTURES – Bertepatan dengan satu tahun pemerintahan Joko WidodoJusuf Kalla, sejumlah massa akan menggelar unjuk rasa di Jakarta, Selasa (20/10/2015).

Kepolisian sendiri sudah menyiapkan sejumlah kekuatan untuk menjaga titik-titik yang rencananya akan dipakai untuk berunjuk rasa.

“Unjuk rasa akan dilakukan di depan DPR RI dan Istana Merdeka,” kata Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Komisaris Besar Martuani S kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa.

Masing-masing dari massa akan bergerak di tempat tertentu. Massa yang hendak berunjuk rasa di Istana Merdeka akan kumpul di Patung Kuda, Jakarta Pusat.

“Kalau unjuk rasa di depan DPR RI kemungkinan langsung ke tempatnya,” kata Martuani.

Namun, polisi menyiapkan beberapa pengamanan di sepanjang jalan yang akan dilewati pengunjuk rasa. Selain itu, pengamanan juga akan dilakukan di Bundaran Hotel Indonesia.

“Jadi ada empat titik pengamanan, mulai dari DPR RI, Bundaran HI, Patung Kuda dan Istana Merdeka,” kata Martuani.

Di empat titik tersebut, polisi menempatkan 300 personel. Jika dibutuhkan, maka akan dilakukan penambahan personel kembali.

“Kalau jumlah pendemo, sesuai pemberitahuan 700-1.000 orang per titik,” kata Martuani.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Tito Karnavian memprediksi unjuk rasa satu tahun Jokowi – JK di Jakarta tidak berpotensi anarkistis.

Namun, ia tetap menyiapkan rencana pengamanan sesuai dengan prosedur tetap yang berlaku.