PT.EQUITYWORLD FUTURES Emas menderita untuk kerugian back-to-back pada hari Rabu, terseret lebih rendah karena ketegangan perdagangan antara AS dan Cina meningkat, meningkatkan kekhawatiran atas permintaan untuk logam industri dan mengirim harga tembaga ke level terendah dalam hampir setahun. Emas Agustus GCQ8, -0,05% kehilangan $ 11, atau 0,9%, untuk menetap di $ 1,244.40 per ounce, sejauh ini melacak sekitar 0,3% kerugian minggu-ke-tanggal. Setoran itu merupakan yang terendah sejak 2 Juli untuk kontrak teraktif. Pelacakan dana populer emas, SPDR Gold Shares GLD, -1,08% adalah 0,9% lebih rendah.Perak September SIU8, -0,01% turun 1,7% menjadi $ 15,817 per ounce – kontrak paling aktif paling akhir tahun ini, menurut data FactSet. IShares Silver Trust SLV, -1,72% turun 1,5%.”Eskalasi dalam perselisihan perdagangan AS-Cina menempatkan penyok besar ke semua harga komoditas logam semalam,” Jeff Wright, wakil presiden eksekutif di GoldMining Inc., mengatakan kepada MarketWatch. “Emas semakin tertarik menjual tembaga dan seng secara lebih luas.”

HGU8 tembaga September, + 0,71% jatuh 3,4% menjadi sekitar $ 2,744 per pon, untuk penutupan terendah sejak akhir Juli 2017, data FactSet menunjukkan. Seng September turun 2,5% ke penutupan awal di $ 2,557 per metrik ton.Emas sebagian besar berada dalam tren turun yang telah menyebabkan investor dan analis teknis untuk mempertahankan pandangan bearish untuk aset yang seharusnya biasanya makmur selama masa ketidakpastian, termasuk seputar perselisihan perdagangan antara AS dan mitranya di seluruh dunia. Namun, aset haven telah melepaskan sebagian dari kilau penerbangan-ke-keamanan yang biasa sejauh ini.Gedung Putih Selasa malam mengatakan akan menilai 10% tarif pada lebih dari $ 200 miliar dalam barang-barang Cina. Langkah ini dianggap memperdalam keretakan dengan Beijing dan mengirim pesan ke mitra dagang lainnya bahwa AS tidak akan mundur dalam pertarungan dagang. Berita itu mengirimkan saham dan sebagian besar pasar “risk-on” lebih rendah.

Sementara itu, Presiden Donald Trump pada hari Rabu menegaskan seruannya untuk sekutu untuk meningkatkan pengeluaran militer mereka pada awal pertemuan Organisasi Perjanjian Atlantik Utara di Brussels, sementara itu dengan tajam mengkritik Jerman untuk mendukung kesepakatan gas besar dengan Rusia, perkembangan yang hanya mengintensifkan geopolitik ketidakpastian yang dihadapi pasar yang dinyatakan gembira oleh prospek pendapatan yang optimis dan bukti pertumbuhan ekonomi.Kekuatan dalam dolar juga berkontribusi terhadap penurunan emas pada hari Rabu. Indeks Dolar AS Dollar AS, DXY, + 0,03% yang mencerminkan kinerja greenback terhadap setengah lusin mata uang, naik 0,6% pada 94,69, diperdagangkan sekitar 0,7% lebih tinggi minggu ini.”Korelasi negatif Emas terhadap dolar tetap menjadi tantangan utama dalam jangka pendek, tetapi mengingat pandangan negatif dolar jangka pendek hingga menengah yang disoroti [dalam pandangan triwulanan Saxo Bank], kami percaya bahwa angin sakal ini akan memudar selama kuartal mendatang. , ”Kata Ole Hansen, kepala strategi komoditas Saxo.

“Setelah memilih perkelahian utama dalam perdagangan dengan teman dan musuh, kami percaya bahwa Presiden Trump cepat atau lambat akan melakukan serangan terhadap dolar yang lebih kuat karena kekuatan greenback mempersulit visinya untuk mengurangi defisit perdagangan AS,” kata Hansen. “Meskipun fokus memudar pada inflasi, yang merupakan pendorong utama pada awal tahun, kami percaya bahwa investor akan terus mencari diversifikasi dan perlindungan terhadap risiko keuangan dan geopolitik potensial” dengan investasi emas. Dia mematok seruan akhir tahun untuk emas di $ 1,325 per ounce, dengan perak di $ 17 per ounce.Dalam laporan ekonomi, biaya grosir barang dan jasa naik pada bulan Juni dengan laju tahunan tertinggi dalam hampir tujuh tahun, mencerminkan tekanan inflasi yang luas dalam ekonomi AS yang tumbuh cepat. Indeks harga produsen naik 0,3% Juni, Departemen Tenaga Kerja mengatakan Rabu.Di antara logam lainnya, platinum PLV8 Oktober, -0,20% turun 1,3% menjadi $ 835 per ounce dan September palladium PAU8, -0,20% turun kurang dari 0,1% menjadi $ 937 per ounce.

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang