EQUITYWORLD FUTURES – Emas berjangka memperpanjang kerugian dari sesi sebelumnya di perdagangan Eropa pada Rabu siang ini, jatuh ke level terendah dalam hampir dua minggu akibat para investor masih menunggu referendum Inggris di hari Kamis yang sangat diantisipasi apakah akan memilih untuk tetap di Uni Eropa.

Emas untuk pengiriman Agustus di divisi Comex Bursa Perdagangan New York jatuh ke intraday terendah $1,263.80 per troy ounce, terendah sejak Juni 9. Harga terakhir berada di $1,267.45 pada pukul 13.50 WIB, turun $5,05, atau 0,4%.

Sehari sebelumnya, emas jatuh $19,60, atau 1,52%, penurunan terbesar satu hari dalam sebulan, dengan harapan yang berkembang bahwa Inggris akan memilih untuk tetap di Uni Eropa.

Politisi di kedua pihak akan melakukan debat dengan argumen-argumen terakhirnya pada hari ini jelang pembukaan TPS besok pukul 7.00 pagi waktu London.

© Reuters.  Emas berjuang naik di level terendah 2 minggu jelang debat referendum & pidato Yellen

Sementara itu, para investor mengolah komentar dari Ketua Federal Reserve Janet Yellen.

Mulai dari dua hari testimoninya sebelum Kongres, Yellen menegaskan bahwa dia berharap kenaikan suku bunga secara bertahap dapat terjadi di tahun ini, tetapi memperingatkan bahwa ada ketidakpastian yang cukup besar atas prospek ekonomi.

Yellen menambahkan bahwa voting Inggris Raya untuk meninggalkan Uni Eropa bisa memiliki dampak ekonomi yang signifikan.

Dia akan tampil dengan pidato keduanya di depan Komite Dewan Perwakilan Jasa Keuangan pada pukul 21.00 WIB nanti malam, setelah pidato pertama di malam Selasa kemarin.

Menurut perangkat FedWatch Grup CME (NASDAQ:CME), pelaku pasar menghargai kesempatan 12% untuk kenaikan suku bunga pada bulan Juli dan 33% untuk September. Peluang untuk kenaikan suku bunga bulan Desember mencapai 54%.

Emas melonjak ke $1,318.90 pada akhir pekan lalu, terbesar sejak Agustus 2014, akibat kekhawatiran potensial keluarnya Inggris Raya dari Uni Eropa membuat investor berebut aset safe haven.

Harga logam mulia naik hampir 5% sepanjang bulan Juni, setelah pelaku pasar menahan kembali harapan untuk kenaikan suku bunga AS berikutnya dan di tengah membesarnya kekhawatiran Inggris Raya akan memilih untuk meninggalkan Uni Eropa dalam referendum nanti.

Di tempat lain di Comex, perak berjangka untuk pengiriman Juli turun 6,9 sen, atau 0,4%, untuk diperdagangkan pada $17,25 per troy ounce di sesi awal London, sementara tembaga berjangka memerah 0,5 sen, atau 0,24%, ke $2,121 per pon.