EQUITYWORLD FUTURES – Emas bertahan di dekat level tertinggi dalam tiga minggu karena investor menunggu rincian dari paket stimulus pemerintah Jepang serta laporan utama pekerjaan AS akhir minggu ini yang mungkin menjelaskan prospek kebijakan moneter negara.

Bullion untuk pengiriman segera berada di level $ 1,349.90 per ons pada pukul 09:16 pagi di Singapura, dari $ 1,353.15 pada hari Senin, yang merupakan penutupan tertinggi sejak 11 Juli, menurut Bloomberg.

Emas telah reli 27 persen dalam tahun ini terhadap meningkatnya permintaan karena pemerintah termasuk Jepang mendorong stimulus sementara bank sentral AS mempertahankan tingkat suku bunga.

Perdana Menteri Shinzo Abe pada hari Selasa akan memberikan rincian lebih lanjut tentang paket terbaru sebesar 28 triliun yen ($ 274 miliar). Pada hari Jumat, investor akan mencermati data non-farm payrolls AS untuk membantu mengukur apakah Federal Reserve akan melakukan pengetatatn dalam tahun ini.

Emas bertahan di dekat tiga minggu tertinggi pada hari Senin, didorong akibat short-covering setelah data non-farm payrolls yang kuat mendukung kasus untuk kenaikan suku bunga Federal Reserve pada minggu depan.

Dengan spekulan mempertahankan rekor posisi jual emas COMEX dan dolar melemah, beberapa percaya bahwa harga emas bisa terlihat lebih terbalik.

Data US nonfarm payrolls naik 211.000 di bulan lalu, di atas ekspektasi pasar dan menghapus sebagian besar keraguan tentang kenaikan suku bunga pertama The Fed dalam hampir satu dekade terakhir pada pertemuan kebijakan bank sentral berikutnya tanggal 15-16 Desember.

Spot emas tergelincir 0,2% menjadi $ 1,084.80 per ons pada 13:19 WIB, tapi bertahan di dekat level $ 1,088.70 yang dicapai di sesi sebelumnya, tertinggi sejak 16 November.

EQUITYWORLD FUTURES : Emas naik 2,3% pada hari Jumat setelah merosot ke posisi terendah dalam hampir enam tahun di awal pekan ini.

Biasanya data yang kuat akan mengirim emas lebih rendah karena akan mendukung kenaikan suku bunga, tetapi investor pada hari Jumat memilih untuk menutupi posisi jual mereka. Suku bunga yang lebih tinggi cenderung membebani emas yang tidak membayar bunga dengan meningkatkan biaya mempertahankan kesempatan.

Dana lindung dan manajer keuanagan meningkatkan posisi jual bersih mereka di COMEX gold futures dan opsi untuk 17.949 kontrak di minggu ke 1 bulan Desember, menurut US Commodity Futures Trading Commission data pada hari Jumat.

Indeks dolar naik 0,8% pada hari Jumat, tetapi analis percaya reaksi greenback terhadap data pekerjaan moderat dengan The Fed ditetapkan untuk menaikkan suku bunga pada minggu depan. – Equity world Futures