PT Equityworld Futures – Emas naik saat dolar turun dan ekuitas bergeser ke merah, Harga emas merayap lebih tinggi pada hari Kamis menuju puncak dua minggu berskala di sesi sebelumnya, dibantu oleh pelonggaran dolar dan karena investor mencari perlindungan dari kelemahan di pasar keuangan pada kekhawatiran pertumbuhan ekonomi.

Spot emas naik 0,1 persen pada $ 1,227.20 per ounce pada 1042 GMT, meskipun bergerak terkandung oleh liburan Thanksgiving AS. Harga pada hari Rabu telah mencapai puncaknya pada $ 1,230.07, level tertinggi sejak 7 November.

Emas berjangka AS datar pada $ 1,228.20.

Dolar jatuh untuk hari kedua berjalan, sementara pasar saham Eropa turun ke merah karena kekhawatiran investor meningkat tentang perlambatan pertumbuhan global.

“Saham lemah cenderung mendukung pasar emas, mengingat ketidakpastian yang berlaku di pasar,” kata analis Saxo Bank Ole Hansen, menambahkan bahwa dolar yang lebih lembut juga menambahkan dukungan.

Emas bisa rentan terhadap kenaikan lebih banyak jika dolar melemah lebih lanjut, membuat bullion lebih murah untuk pemegang mata uang lainnya, kata analis.

Baca Juga : Penurunan minyak dapat membantu konsumen, beberapa pasar yang sedang berkembang

“Beberapa pemulihan karena kami menguji $ 1.200 minggu lalu telah didorong oleh spekulasi bahwa Federal Reserve AS mungkin mundur dari sikap agresifnya (pada menaikkan suku bunga). Jika sinyal itu tumbuh lebih kuat, kita bisa melihat dolar kehilangan momentum, yang bisa baik untuk emas, ”kata Hansen.

Pasar mengharapkan the Fed untuk menaikkan suku bunga lagi pada bulan Desember, tetapi kekhawatiran tentang potensi perlambatan global menimbulkan keraguan tentang jumlah kenaikan suku bunga tahun depan.

Investor kini melihat ke depan untuk pertemuan yang akan datang antara Presiden China Xi Jinping dan mitra AS Donald Trump di KTT G20 bulan ini di Argentina.

“Kisah emas terlihat sangat menarik dalam menghadapi risiko perang perdagangan yang membayangi dan kemungkinan pengaktifan kebijakan Fed yang akan menghasilkan dolar AS yang secara signifikan lebih lemah. Semua yang menunjukkan harga emas akan terus mencari tawaran, ”

Stephen Innes, kepala perdagangan APAC di OANDA di Singapura, mengatakan dalam sebuah catatan.

Harga emas telah pulih sekitar 6 persen dari posisi terendah 19-bulan pada pertengahan Agustus.

Minat investor tercermin dalam kepemilikan SPDR Gold Trust, dana yang diperdagangkan di bursa emas terbesar di dunia, yang naik pada hari Rabu ke tertinggi sejak akhir Agustus di 762,92 ton.

PT Equityworld Futures –“Investor jangka panjang kembali ke emas dan mencelupkan jari-jari kaki mereka kembali,” kata Hansen dari Saxo Bank. “Mereka melihat kelemahan di pasar saham dan ketidakpastian ekonomi berpotensi membangun ke tahun depan.”

Di antara logam mulia lainnya, perak naik 0,2 persen pada $ 14,51 per ounce, melayang di dekat tertinggi dua minggu yang dicapai pada sesi sebelumnya.

Platinum naik 0,2 persen menjadi $ 842, sementara paladium turun 0,1 persen pada $ 1,146.83.

Sumber : CNBC, Diedit oleh :  Equityworld Futures