PT. Equityworld Futures – Emas jatuh pada Selasa karena ekuitas AS dan dolar menguat menjelang hasil pemilihan kongres AS, merusak daya tarik logam mulia itu.

Spot emas turun 0,39 persen menjadi $ 1,226.08 per ons, sementara emas AS berjangka 0,39 persen lebih rendah menjadi $ 1,227.50.
“Tampaknya pasar ekuitas melakukan cukup baik menjelang hasil pemilihan. Kecuali kita melihat kejutan dalam pemilihan, emas akan terus berada di kisaran antara $ 1,215 dan $ 1,235, ”kata Walter Pehowich, wakil presiden eksekutif layanan investasi di Dillon Gage Metals.

Stok AS naik dan dolar menguat, tetapi langkah itu dibatasi oleh kehati-hatian investor tentang pemilihan.

Baca juga : Equityworld Futures Semarang : Dolar terus ketat karena investor bersiap untuk pemilihan AS

Suara kongres jangka menengah menandai ujian besar pertama pemotongan pajak Presiden AS Donald Trump dan kebijakan perdagangan yang tidak bersahabat. Jajak pendapat menunjukkan partai Republik kehilangan kendali atas DPR yang dapat mengekang sebagian dari kekuatan pembuatan kebijakannya.

“Pemilihan ini bisa menjadi penting untuk emas jika mereka memperlambat kekuatan dolar AS, yang telah menjadi angin sakal utama untuk emas tahun ini, atau memicu ketidakpastian di antara investor ritel AS dalam emas jika Trump kehilangan dukungan,” kata analis Standard Chartered dalam catatan.

“Kami mempertahankan pandangan positif terhadap emas, dan percaya harga kemungkinan akan memperpanjang kenaikan mereka menuju $ 1,300 per ounce, terutama jika dolar AS melemah setelah pemilihan paruh waktu AS.”

PT. Equityworld Futures – Pelaku pasar juga menunggu pertemuan dua hari Federal Reserve mulai Rabu untuk mengukur prospek kebijakan moneter AS, kata analis.

Sementara the Fed diperkirakan akan mempertahankan suku bunga tetap, pasar akan mencari wawasan ke dalam pandangan bank sentral tentang kenaikan suku bunga di masa depan. Tingkat yang lebih tinggi mencegah pembelian bullion non-bunga-membayar, yang dihargai dalam dolar.

“Orang-orang menyesuaikan portofolio untuk pertemuan Fed, itulah yang ada dalam pikiran kebanyakan investor sekarang,” kata Michael Matousek, kepala pedagang di Investor Global AS.

“Masuk ke perdagangan emas dalam beberapa hari ke depan seharusnya cukup ringan, jadi kami akan bergerak sedikit. Tidak ada yang ingin memegang posisi besar atau membuat perubahan besar sebelum pertemuan Fed. ”

Menunjukkan sentimen investor terhadap emas, kepemilikan dana yang diperdagangkan di bursa emas terbesar di dunia, SPDR Gold Trust, turun 0,23 persen menjadi 757,29 ton pada hari Senin.

Perak turun 0,89 persen menjadi $ 14,50 per ons sementara paladium menurun 1,55 persen menjadi $ 1,114.90.

Platinum naik 0,43 persen menjadi $ 867,50 per ounce, setelah menyentuh tertinggi sejak 25 Juni di $ 875,70 pada awal sesi.

Sumber : CNBC, diedit oleh PT. Equityworld Futures Semarang