Pernahkah Anda membayangkan bisa mengetahui isi pikiran seseorang? Atau menggerakkan benda-benda di sekitar Anda menggunakan tenaga pikiran? Headset ini akan berikan kemampuan menakjubkan itu pada Anda.

Emotiv bekerja dengan melakukan pemindaian pada otak anda menggunakan teknologi EEG yang disematkan padanya. Selanjutnya sinyal otak yang ditangkap akan diteruskan pada sebuah komputer untuk meneliti perasaan atau ketertarikan terhadap sesuatu hal, Techcrunch (01/07).

Menariknya perangkat ini juga memungkinkan pengguna untuk menggerakkan benda-benda disekitarnya, tetapi yang sudah terintegrasi dengan alat ini tentunya. Alhasil, pengguna yang mempunyai keterbatasan, misalnya kecacatan, bisa melakukan hal-hal seperti mengontrol lengan robot atau kaki robot mereka hingga memainkan video game lewat konsol tertentu.

Karena Emotiv juga mempunyai ‘akses’ ke otak, perangkat ini bisa membantu penderita epilepsi, ADHD, atau gangguan tidur dengan cara menengkan otak dan membuat mereka fokus terhadap hal yang sedang dilakukan.

Ironisnya, alat ini bisa dimanfaatkan untuk aksi-aksi ilegal. Misalnya, ketika pengguna memakai Emotiv untuk bermain game, seseorang bisa meretas informasi lain yang sebenarnya dirahasiakan oleh Emotiv. Bahkan,dari sinyal EEG saja, seseorang bisa mencari tahu password kartu kredit, atau mengetahui apakah si pengguna mengalami masalah mental tertentu yang tentunya berbahaya bagi keselamatan pengguna.

Emotiv sendiri dijual dalam dua versi, yakni versi EPOC seharga Rp 3,5 juta dan versi EEG seharga Rp 8,9 juta. Pada versi EEG, pengguna bisa melakukan penelitian sendiri dengan tambahan data yang dibundling saat pembelian.