EQUITYWORLD FUTURES – Sebanyak empat perusahaan negara di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengajukan usulan penyertaan modal negara (PMN) sekitar lebih kurang Rp 10 triliun untuk tahun anggaran 2016.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu, Sony Loho mengatakan salah satu yang usulannya paling besar adalah PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero). “SMI itu agak gede sekitar Rp 5 triliun, kaerna dia mau dikembangin menjadi lembaga penjaminan infrastruktur. Tapi baru mau diusulin,” kata Sony ditemui usai rapat badan anggaran, Jakarta, Rabu (26/8/2015).

Sementara itu, dia menambahkan untuk perusahaan pelat merah di bawah Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), diusulkan tambahan modal sebesar Rp 29 triliun untuk tahun anggaran 2016.

Sony menjelaskan, dalam rapat kerja Komisi VI DPR RI, usulan PMN sebesar Rp 31 triliun untuk perusahaan BUMN di bawah Kementerian BUMN sudah mencakup RDI/SLA. “Jadi kalau ditambah itu (RDI/SLA) bisa menjadi Rp 31 triliun. Tapi angka yang diusulkan itu sekitar Rp 29 triliun,” kata Sony.