EQUITYWORLD FUTURES – Lelaki berusia muda yakni 40 tahun telah terpilih menjadi perdana menteri Yunani. Dia Alexis Tsiprahs, salah satu tokoh anti-bantuan pemerintah pada swasta dan ketua partai sayap kiri. Dia pemimpin Yunani termuda setelah hampir dua abad.

Bukan hanya Tsiprahs yang memimpin sebuah pemerintahan di usia terhitung hijau. Beberapa usia kepala negara ini bahkan masih di bawah empat. Mereka diharapkan membawa angin segar bagi negeri yang dipimpinnya meski tak semua berhasil dengan pemikiran ini.

Selain Tsiprahs siapa lagi pemimpin usia muda yang sudah berada di tampuk kekuasaan? Dilansir dari surat kabar Washington Post, berikut ulasan selengkapnya.

1. Kim Jong Un

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menjadi yang termuda pemimpin abad-21. Dia masih berusia 28 tahun saat menjadi orang nomor satu di pemerintahan Ibu Kota Pyongyang. Jong Un menggantikan ayahnya, Kim Jong Il telah tiada.

Meski tak lebih baik dari pendahulunya namun Jong Un memang tipikal pemimpin yang sungguh membuat perbedaan. Paling tidak bagi warga dunia yang menyaksikan kelakuannya. Gaya khas berbusana hitam-hitam, rambut model cepak di bagian bawah dan subur di bagian atas serta belahan tengah, hingga tubuh tambun merupakan sederet ‘kelebihan’ Jong Un yang sering kena ‘bully’ netizen.

2. Irakli Garibashvili

Irakli Garibashvili merupakan perdana menteri Georgia, negara kecil masuk dalam wilayah Inggris Raya. Lahir pada 28 Juni 1982 Garibashvili menjadi pemimpin pemerintahan di saat usianya 30 tahun.

Karir politiknya dimulai tak sengaja. Saat itu dia bekerja untuk pebisnis bernama Bidzina Ivanishvili yang akhirnya mendirikan Partai Mimpi Demokratik Georgia pada Februari tiga tahun lalu. Setelah Ivanishvili mengundurkan diri secara sukarela pada 2013 posisinya langsung digantikan oleh Garibashvili sebagai kaki tangannya.

3. Syeikh Tamim bin Hamad Al Thani

Syeikh Tamim bin Hamad Al Thani lahir pada 3 Juni 1980. Dia keturunan kedelapan emir Qatar dan anak dari emir paling tersohor di negara itu, Hamad bin Khalifa Al Thani.

Dia diangkat menjadi emir dua tahun lalu. Selain melaksanakan dan mengawasi pos-pos pemerintahan, dia juga bertanggung jawab atas seluruh kegiatan olah raga di negara itu. Dia merupakan emir paling muda dalam sejarah monarki Qatar.

4. Jigme Khesar Namgyel Wangchuck

Jigme Khesar Namgyel Wangchuck merupakan pemimpin paling rupawan sejagat. Dia raja Bhutan paling muda sepanjang sejarah negara itu. Dia dijuluki anak Raja Naga dan keturunan kelima dari dinasti kerajaan Bhutan serta kaisar paling terkenal yakni Jigme Singye Wangchuck.

Khesar naik tahta saat usianya masih 26 tahun. Sebelum menjadi raja dia sering mengikuti pelbagai kegiatan kenegaraan sang ayah. Saat menjadi tamu di ulang tahun Raja Thailand Bhumibol Adulyadej ke-60 tahun, Khesar ternyata mempunyai banyak penggemar dari Negeri Gajah Putih. Mereka menjulukinya raja tampan.