Equity World Semarang – Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan pada hari Senin bahwa Amerika Serikat mengharapkan kemajuan yang signifikan minggu ini dalam pembicaraan perdagangan dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He, tetapi kedua belah pihak akan menangani “masalah rumit”, termasuk bagaimana menegakkan kesepakatan.

Pembicaraan, yang dijadwalkan untuk Rabu dan Kamis di Washington, akan mencakup pertemuan antara Liu dan Presiden AS Donald Trump dan berlangsung di tengah ketegangan yang memburuk antara dua ekonomi terbesar dunia.

 

Equity World Semarang : Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin Berharap Temui Titik Cerah Terhadap Kesepatan Dagang Dengan China

Departemen Kehakiman AS, Senin, menyegel dakwaan terhadap pembuat peralatan telekomunikasi terkemuka China, Huawei Technologies Co, menuduhnya melakukan penipuan bank dan kawat untuk menghindari sanksi Iran dan berkonspirasi untuk mencuri rahasia dagang dari T-Mobile US Inc.

Sementara itu, China secara resmi menantang tarif AS untuk barang-barang Tiongkok dalam sistem penyelesaian sengketa Organisasi Perdagangan Dunia, menyebut bea masuk itu sebagai “pelanggaran terang-terangan” terhadap kewajiban WTO Washington.

Penyelidikan khusus Penasihat Rusia Robert Mueller tentang campur tangan Rusia dalam pemilihan umum di AS hampir berakhir, kata Penjabat Agung AS Matthew Whitaker kepada wartawan, Senin.

“Saya telah diberi pengarahan penuh tentang penyelidikan dan saya berharap Direktur Mueller menyampaikan laporan akhir,” katanya pada konferensi pers tentang tuduhan A.S. terhadap Huawei Technologies Co Ltd.

“Saat ini penyelidikan adalah saya pikir hampir selesai dan saya berharap bahwa kita bisa mendapatkan laporan dari Direktur Mueller secepat mungkin.”

Komentar Whitaker menandai pertama kalinya seorang pejabat tinggi pemerintah dengan pengetahuan investigasi telah secara terbuka mengkonfirmasi penyelidikan sedang dalam tahap akhir.

Outlet media telah melaporkan bahwa kantor Mueller mungkin hampir menerbitkan laporan akhir tentang penyelidikannya.

Tetapi Mueller tidak tahu kapan bulan-bulan sesi grand jury tertutup dan tuntutan pidana akan berakhir, meninggalkan pertanyaan tentang seberapa jauh ke Gedung Putih pemeriksaannya akan mencapai dan apa yang akan terjadi pada temuannya.

Investigasi Mueller baru-baru ini menjerat kepercayaan lama dari Presiden Donald Trump, operasi politik Roger Stone.

Yang lain di orbit Trump juga dituntut dalam penyelidikan, termasuk mantan manajer kampanye Trump, Paul Manafort, mantan wakil kampanye, Richard Gates, dan mantan penasihat keamanan nasionalnya, Michael Flynn.

Calon Trump untuk mengisi jabatan jaksa agung secara permanen, William Barr, baru-baru ini berjanji untuk mempublikasikan laporan sebanyak mungkin, dengan mengatakan bahwa Mueller diharuskan untuk mengajukannya secara rahasia.

Tetapi Barr telah menolak untuk berjanji untuk merilis laporan Mueller secara keseluruhan, mengatakan bahwa beberapa bagian mungkin perlu tetap rahasia, seperti keputusan untuk tidak menagih individu tertentu.

 

news edited by Equity World Semarang