Equity World – Sistem agunan atau gadai emas menuai opini campuran; banyak orang yang menganggap bahwa sistem investasi emas semacam ini memberikan keuntungan cukup besar ketimbang sekedar jual beli emas biasa, namun sebagian lagi menganggap bahwa gadai emas merupakan ladang spekulasi yang akan membuat orang rugi lebih cepat. Padahal, investasi dengan agunan emas merupakan investasi yang memiliki keuntungan tersendiri.

Keuntungan paling menonjol tentunya sama seperti prinsip gadai; Anda bisa cepat mendapatkan uang tunai dari emas simpanan ketimbang menjualnya jika mendadak membutuhkan uang tunai untuk kebutuhan darurat, dan kemudian emas itu bisa ditebus lagi asalkan belum lewat dari waktu yang ditetapkan. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa sistem investasi macam ini memang membuka celah untuk permainan spekulasi.

Berbagai bank nasional pun berusaha memberi alternatif bagi masyarakat yang ingin mencoba investasi emas lewat sistem agunan atau gadai. Bank Danamon merupakan salah satu bank yang memberikan layanan ini lewat program agunan emas yang disebut program Solusi Emas. Program ini memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan gadai emas dengan memberikan pembiayaan dan sarana penyimpanan emas di bank.

Serba-serbi Layanan Investasi lewat Solusi Emas

Layanan agunan berupa Solusi Emas ini baru berjalan kurang dari 3 tahun, tetapi peminatnya ternyata cukup luas. Hal ini karena program ini diberikan oleh bank nasional, bukan lembaga keuangan yang tidak jelas dan menawarkan persentase keuntungan yang tidak wajar, seperti yang biasa terjadi pada lembaga keuangan dengan resiko peluang spekulasi yang besar.

Layanan Solusi Emas Bank Danamon tersedia di semua cabang bank tersebut. Jenis emas yang diterima beragam; bisa berupa investasi emas antam atau batangan, perhiasan dan koin. Yang penting, nilainya akan langsung ditaksir di depan nasabah.

Untuk melakukan pendaftaran, nasabah sebaiknya sudah memiliki emasnya sehingga tinggal dibawa saja. Pendaftaran mewajibkan nasabah untuk membawa KTP terbaru dan emas, yang kemudian akan ditaksir nilainya langsung di depan si nasabah untuk menghindari kecurangan, manipulasi dan penipuan dalam penaksiran nilai emas. Nasabah kemudian berdiskusi dengan petugas bank soal berapa lama emas akan disimpan di bank, serta mendapat informasi tentang berapa uang yang bisa dibawa pulang.

Nasabah kemudian akan menerima uang dengan jumlah sesuai nilai emas yang diinvestasikannya. Akan tetapi, investasi emas agunan Danamon mengijinkan nasabah yang sudah memiliki rekening di bank yang sama untuk langsung minta agar dananya ditransfer saja. Dengan demikian, dana hasil agunan emas langsung tersimpan aman di rekening. Atau, jika ada keperluan yang menghasurkan transaksi ke luar negeri, uangnya bisa langsung ditransfer lewat fasilitas Western Union.

Pelunasan dan Program Tambahan Solusi Emas

Sistem Solusi Emas Bank Danamon sudah mendapat ijin dan persetujuan dari Bank Indonesia sehingga aman dari spekulasi. Untuk sistem pelunasannya, nasabah diberi jangka waktu setahun penuh (12 bulan). Ada biaya tambahan untuk menyimpan emas yang dititipkan di brankas bank, tetapi biayanya dihitung harian agar ringan. Proses pengesahannya cepat dan Anda tak perlu membuang waktu di bank.

Agar bisa menarik pelanggan ekstra, program investasi emas di Bank Danamon juga menawarkan program tambahan seperti pemberian voucher belanja atau makan khusus untuk mereka yang bisa merekomendasikan keluarga dan sahabat untuk ikut bergabung dengan Solusi Emas. Dengan solusi investasi emas Bank Danamon, kegiatan investasi lewat gadai emas akan lebih aman, bebas dari spekulasi, dan nasabah tak perlu lagi menenteng uang tunai dari bank.