Equityworld Futures Semarang – Harga emas dunia bergerak naik sepanjang pekan ini. Tingginya risiko ekonomi global membuat investor cemas dan memilih bermain aman.

Equityworld Futures Semarang : Ada yang Cuan Nih! Harga Emas Naik Pekan Ini

Sepanjang pekan ini, harga emas dunia di pasar spot naik 0,52% secara point-to-point. Harga si emas hitam kembali ke kisaran Rp 1.500/troy ons.

Pada awal-awal pekan, harga emas sempat tertekan karena euforia investor terhadap hubungan AS-China. Akhir pekan lalu, kedua negara sepakat untuk melanjutkan perundingan tingkat menteri di Washington pada 10-11 Oktober.

kunjungi
PT. Equityworld Futures | Perusahaan Investasi Berjangka

Damai dagang AS-China adalah sesuatu yang sangat didambakan oleh pelaku pasar, dan seluruh pelaku ekonomi. Pasalnya perang dagang yang terjadi selama lebih dari setahun terakhir membuat rantai pasok global rusak dan pertumbuhan ekonomi melambat.

Namun memasuki pertengahan pekan, situasi mulai berbalik mencekam. Adalah data ekonomi AS yang membuat pelaku pasar semakin khawatir terhadap ancaman resesi di Negeri Paman Sam.

Pada September, angka Purchasing Managers’ Index (PMI) manufaktur AS versi Institute for Supply Management (ISM) adalah 47,8. Turun dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 49,1.

Angka PMI di bawah 50 menunjukkan industriawan tidak melakukan ekspansi. Selain itu, skor 47,8 adalah yang terendah sejak Juni 2009.

Kemudian ISM melaporkan bahwa PMI jasa AS pada September berada di 52,6. Masih di atas 50, tetapi angka itu adalah yang terendah sejak Agustus 2016.

Sektor jasa mewakili lebih dari dua pertiga ekonomi AS. Jika sektor ini melambat, maka perekonomian AS juga terancam kehilangan lajunya bahkan bukan tidak mungkin sampai terkontraksi alias tumbuh negatif. Ketika ekonomi tumbuh negatif selama dua kuartal beruntun pada tahun yang sama, itu namanya resesi.

news edited by Equityworld Futures Semarang