Equityworld Futures Semarang – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Rabu pekan ini. Rupiah berpotensi tertekan sepanjang hari ini seiring indikasi pemulihan ekonomi Amerika Serikat.

Equityworld Futures Semarang : Dibuka Perkasa, Rupiah Diprediksi Tertekan Sepanjang Hari Ini

Mengutip Bloomberg, Rabu (12/8/2020), sebenarnya rupiah dibuka menguat di angka 14.640 per dolar AS jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.680 per dolar AS.

kunjungi
PT. Equityworld Futures | Perusahaan Investasi Berjangka

Namun menjelang siang, rupiah kembali tumbang dan bergerak ke level 14.712 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.640 per dolar AS hingga 14.712 per dolar AS. Jika dihitungd ari awal tahun, rupiah telah melemah 6,10 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.777 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan pekan lalu yang ada di angka 14.728 per dolar AS.

“Ada potensi pelemahan rupiah. Nilai tukar regional terlihat melemah di awal perdagangan hari ini,” kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra dikutip dari Antara, Rabu (12/8/2020).

Ariston menuturkan, dolar AS terlihat menguat sejak semalam karena indikasi pemulihan ekonomi di AS dari rilis data-data tenaga kerja dan indeks harga produsen bulan Juli yang lebih bagus dari proyeksi.

“Penguatan dolar AS ini bisa menekan pergerakan nilai tukar emerging markets termasuk rupiah,” ujar Ariston.

Selain itu, lanjut Ariston, kabar belum adanya kemajuan pembicaraan stimulus AS antara dua partai berkuasa, Partai Republik dan Partai Demokrat, juga bisa melemahkan sentimen terhadap aset berisiko pagi ini.

Ariston memperkirakan rupiah berpotensi tertekan di kisaran Rp14.550 per dolar AS hingga Rp14.750 per dolar AS.

Pada Selasa (11/8) lalu, rupiah ditutup melemah 32 poin atau 0,22 persen menjadi Rp14.680 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.648 per dolar AS.

news edited by Equityworld Futures Semarang