PT. Equityworld Futures – Dolar merana mendekati level terendah dalam sepekan pada hari Selasa karena investor mulai meragukan skala reli baru-baru ini yang didorong oleh ekspektasi pemulihan pandemi yang lebih cepat di Amerika Serikat daripada di tempat lain.

Equityworld Futures Semarang : Dolar terbelenggu oleh keraguan atas AS, bitcoin capai $ 47.000 untuk pertama kalinya

Sorotan tetap pada bitcoin karena mencapai rekor di atas $ 47.000, membangun lonjakan hampir 20% semalam yang merupakan yang terbesar sejak 2017, setelah Tesla Inc mengumumkan investasi $ 1,5 miliar dalam aset digital.

Indeks dolar terhadap sekeranjang mata uang utama telah terombang-ambing di sekitar 91 sejak data pekerjaan AS yang mengecewakan pada hari Jumat menghentikan pergerakan dua minggu yang telah mengangkatnya ke level tertinggi lebih dari dua bulan di 91,6. Terakhir diperdagangkan pada 90,935.

Investor telah mendorong greenback berkat peluncuran vaksin AS yang lebih cepat dibandingkan dengan sebagian besar negara lain, dan ketika Demokrat pindah ke jalur cepat paket bantuan COVID-19 senilai $ 1,9 triliun dari Presiden Joe Biden.

Banyak analis, bagaimanapun, melihat bahwa pengeluaran fiskal besar-besaran ditambah dengan kebijakan moneter Federal Reserve yang sangat mudah menyeret dolar dalam jangka panjang.

“Intinya adalah stimulus besar sangat mungkin untuk segera berlalu, memperburuk pelebaran defisit neraca berjalan AS, dan membebani USD,” kata analis mata uang Commonwealth Bank of Australia Joseph Capurso dalam catatan kliennya.

Program vaksinasi “tertinggal” di Eropa akan membatasi euro dalam waktu dekat tetapi benua itu harus menyusul pada musim panas, setelah itu mata uang tunggal bisa naik ke $ 1,28 untuk pertama kalinya sejak 2014, katanya.

Euro sedikit berubah pada $ 1,2055 pada awal perdagangan Asia pada hari Selasa, naik dari level terendah dua bulan di $ 1,9520 yang disentuh pada hari Jumat.

Dolar sebagian besar datar di 105,21 yen, setelah naik ke 105,765 pada akhir pekan lalu untuk pertama kalinya sejak Oktober.

Di tempat lain, Tesla mengirim bitcoin melonjak dengan mengatakan dalam laporan tahunan 2020 pada hari Senin bahwa ia telah membeli $ 1,5 miliar dari cryptocurrency paling populer di dunia sebagai bagian dari kebijakan investasinya yang luas, dan berharap untuk mulai menerima aset digital sebagai pembayaran untuk produknya. “dalam waktu dekat.”

“Ini adalah titik balik untuk cara kami memandang mata uang digital,” kata Junichi Ishikawa, ahli strategi valuta asing di IG Securities di Tokyo.

“Mulai saat ini, bitcoin akan benar-benar dianggap sebagai aset yang tersedia untuk dipilih oleh manajer aset dalam portofolio mereka.”

Bitcoin diperdagangkan pada $ 47.073 setelah mendorong ke rekor baru di $ 47.565,86 pada hari Selasa.

Ethereum koin saingan berpindah tangan pada $ 1.746,50 setelah mencapai $ 1.784,85 yang belum pernah terjadi sebelumnya pada hari Senin.

news edited by Equityworld Futures Semarang