Equityworld Futures Semarang – FTSE 100 London jatuh pada hari Senin karena harga komoditas yang lebih tinggi memicu kekhawatiran lonjakan inflasi, sementara investor menunggu rencana Perdana Menteri Boris Johnson untuk pelonggaran bertahap pembatasan bisnis.

Equityworld Futures Semarang : FTSE 100 turun, blue-chip China merosot paling dalam hampir 7 bulan

Blue-chip FTSE 100 turun 0,6%, dipimpin oleh penurunan saham konsumen dan industri.

Indeks blue-chip China mencatat penurunan harian terbesar dalam hampir tujuh bulan pada hari Senin setelah menyentuh rekor tertinggi pekan lalu, karena investor mencemaskan valuasi saham yang tinggi dan risiko pengetatan kebijakan.

China membiarkan suku bunga pinjaman acuan untuk pinjaman perusahaan dan rumah tangga tidak berubah selama 10 bulan berturut-turut pada hari Sabtu, tetapi spekulasi telah meningkat bahwa pihak berwenang mungkin mulai mengadopsi sikap kebijakan yang lebih ketat.

Indeks CSI300 blue-chip China merosot 3,14% menjadi ditutup pada 5.597,33 poin, persentase penurunan harian terbesar sejak 24 Juli 2020.

Kelas berat minyak BP dan Royal Dutch Shell masing-masing turun 0,1% dan 0,3%, meskipun harga minyak mentah lebih tinggi.

Indeks Shenzhen berakhir turun 2,08% dan indeks komposit ChiNext papan start-up turun 4,47%. Pada 07:11 GMT, yuan tercatat pada 6,4631 per dolar AS, 0,05% lebih lemah dari penutupan sebelumnya pada 6,4598.

Meskipun merosot pada hari Senin, valuasi tetap mendekati rekor tertinggi dan beberapa analis memperkirakan pendapatan akan tetap kuat karena siklus pemulihan.

Johnson akan merencanakan jalan keluar dari penguncian COVID-19 pada hari Senin dalam upaya untuk secara bertahap membuka kembali ekonomi $ 3 triliun yang terpukul, dibantu oleh salah satu peluncuran vaksin tercepat di dunia.

Indeks mid-cap turun 0,3%, dipimpin oleh penurunan saham keuangan dan industri.

Pemilik British Airways IAG naik 1,1% setelah mengatakan pihaknya meningkatkan total likuiditas sebesar 2,45 miliar pound ($ 3,4 miliar), mencapai kesepakatan akhir untuk pinjaman 2 miliar pound, dan melalui kesepakatan untuk menangguhkan kontribusi defisit pensiun 450 juta pound.

Operator pub Mitchells & Butlers merosot 0,5% karena melaporkan penurunan penjualan karena semua situsnya terpaksa ditutup di bawah penguncian terbaru.

Source Reuters

news edited by Equityworld Futures Semarang