Equityworld Futures Semarang – Ketua Federal Reserve Jerome Powell kemungkinan akan mendapat sambutan hangat dari anggota Kongres minggu ini untuk beralih ke sikap kebijakan dovish, kata para ekonom.

Powell meluncurkan sikap “sabar” bulan lalu, dengan mengatakan the Fed bisa menunggu dan melihat bagaimana kinerja ekonomi dalam beberapa bulan mendatang. Itu adalah belokan dari kebijakan kenaikan suku bunga stabil oleh bank sentral.

 

Equityworld Futures Semarang : Ketua Federal Reserve Jerome Powell Mendapat Sambutan Hangat Dari Anggota Kongres Atas Kebijakannya

“Kesaksian akan lebih mudah sekarang bahwa Powell tidak mengancam kenaikan suku bunga,” kata Avery Shenfeld, kepala ekonom di CIBC Capital Markets.

Pasien yang sabar adalah kabar baik bagi anggota Kongres “yang khawatir pemilihannya akan terhambat oleh perlambatan pertumbuhan,” katanya.

Beberapa di Wall Street khawatir bahwa Powell menyerah kepada Presiden Donald Trump, yang berulang kali mencaci-maki The Fed dalam beberapa bulan terakhir untuk tidak menaikkan suku bunga.

Tetapi anggota Kongres tidak begitu tertarik untuk membuat kasus itu, kata Shenfeld.

“Berdebat untuk menaikkan suku bukanlah taktik politik yang bagus,” katanya.

Sal Guatierei, ekonom senior di BMO Capital Markets, setuju: “Pastor Powell akan menyampaikan khotbah dari Kitab Kesabaran sebelum Kongres, satu pesan yang sebenarnya disetujui oleh kedua belah pihak.”

Joseph Song, ekonom senior AS di BofA Merrill Lynch Global Research, mengatakan dia tertarik melihat apakah Powell mengatakan apa pun tentang apa yang bisa membuat The Fed melanjutkan melanjutkan kenaikan suku bunga lagi.

Risalah pertemuan Januari Fed menunjukkan sekitar dua kubu di bank sentral – pejabat yang berpikir prospek saat ini tidak menjamin kenaikan suku bunga lagi, dan orang lain yang berpikir langkah kemungkinan akan diperlukan jika perekonomian berkinerja seperti yang diharapkan .

 

news edited by Equityworld Futures Semarang