Equityworld Futures Semarang – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah jelang siang hari ini. Sejak pagi, rupiah bergerak di kisaran 14.765 per dolar AS hingga 14.852 per dolar AS.

Equityworld Futures Semarang : Panasnya Hubungan AS-China Bikin Rupiah Tertekan

Mengutip Bloomberg, Rabu (9/9/2020), rupiah dibuka di angka 14.756 per dolar AS, tak bergerak jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya. Hanya saja, pada pukul 10.40 WIB, rupiah melemah ke 14.850 per dolar AS.

kunjungi
PT. Equityworld Futures | Perusahaan Investasi Berjangka

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.765 per dolar AS hingga 14.852 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 6,48 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.853 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.798 per dolar AS.

Rupiah memang diperkirakan terkoreksi sepanjang hari ini, seiring memanasnya hubungan Amerika Serikat dan China.

“Sell off di bursa saham AS semalam terutama di Nasdaq dan masih memanasnya konflik AS dan China berpotensi menjadi sentimen negatif untuk risk asset termasuk rupiah hari ini,” kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra dikutip dari Antara, Rabu (9/9/2020).

Bursa saham AS pada perdagangan semalam bergerak negatif. Setelah sehari sebelumnya libur, indeks Dow Jones ditutup turun 2,25 persen, S&P500 melemah 2,78 persen, dan penurunan terbesar dialami Nasdaq yaitu minus 4,11 persen.

Menurut Ariston, pelaku pasar mungkin mengikuti arus pagi ini dengan keluar dari aset berisiko setelah penurunan dalam Nasdaq semalam.

“Sementara kekhawatiran pasar meninggi dengan China mulai meng-counter tuduhan AS dan menyebabkan konflik makin memanas,” ujar Ariston.

Ariston memperkirakan hari ini rupiah bakal bergerak melemah di kisaran Rp14.650 per dolar AS hingga Rp14.850 per dolar AS.

news edited by Equityworld Futures Semarang