Equityworld Futures Semarang – Pertemuan antara Presiden Amerika Serikat ( AS ) Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping saat KTT G20 di Osaka, Jepang, beberapa waktu lalu telah menciptakan sentimen positif terhadap arah suku bunga acuan The Fed dan bank sentral negara-negara lain pada 2019.

Equityworld Futures Semarang : Perang Dagang Melunak, BI Diprediksi Turunkan Suku Bunga Acuan

Executive Vice President Intermediary Business PT Schroder Investment Management Indonesia, Bonny Iriawan, membuka kemungkinan bahwa Bank Indonesia ( BI ) juga bakal ikut menurunkan suku bunga acuan.

“Saya pikir chance-nya cukup besar buat BI menurunkan suku bunga,” ujar dia dalam sebuah sesi diskusi di Jakarta, Senin ( 8/7/2019 ).

Pernyataan itu dilontarkannya setelah sebelumnya Gubernur Bank Indonesia Perry Wardjiyo beberapa waktu lalu sempat memprediksi kemungkinan The Fed yang akan menurunkan suku bunga 25 basis poin ( bps ) pada tahun ini atau 2020.

kunjungi
PT. Equityworld Futures | Perusahaan Investasi Berjangka

Pertimbangan lain yang jadi acuan, Bonny melanjutkan, yakni data inflasi Indonesia yang selama beberapa tahun terakhir relatif rendah. Menurutnya, Bank Indonesia Ada di posisi aman untuk bisa menurunkan suku bunga acuan bila angka inflasi terus tetap terjaga.

Adapun menurut data Badan Pusat Statistik ( BPS ), inflasi pada Juni 2019 tercatat sebesar 0,55 persen, sedangkan inflasi tahun kalender menembus angka 2,05 persen.

“Kalau kita melihat kan selama beberapa tahun ini inflasi indonesia relatif rendah. Jadi target Bank Indonesia untuk melihat inflasi itu sudah on track,” jelasnya.

“Jadi saya pikir kalau itu terus berlanjut sampai dengan akhir tahun, tentunya Bank Indonesia punya comfort level untuk menurunkan suku bunga,” dia menandaskan.

news edited by Equityworld Futures Semarang