Equityworld Futures Semarang – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Selasa pekan ini. Pelemahan ini lebih disebabkan oleh sentimen eksternal.

Equityworld Futures Semarang : Rupiah Melemah Tersengat Sentimen Eksternal

Mengutip Bloomberg, Selasa (28/4/2020), rupiah dibuka di angka 15.405 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 15.385 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah terus melemah ke 15.482 per dolar AS.

kunjungi
PT. Equityworld Futures | Perusahaan Investasi Berjangka

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 15.405 per dolar AS hingga 15.489 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 11,66 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 15.488 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 15.591 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah terkoreksi di tengah silih bergantinya sentimen eksternal yang datang, baik sentimen positif maupun sentimen negatif.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, sentimen positif dan negatif masih datang bergantian karena kondisi ekonomi masih terpuruk. Sentimen tersebut mempengaruhi gerak rupiah.

“Hari ini pasar keuangan bisa mendapatkan sentimen positif dari penguatan Indeks Dow Jones semalam yang mengantisipasi rencana dibukanya lockdown di sebagian negara bagian di AS,” ujar Ariston dikutip dari Antara.

news edited by Equityworld Futures Semarang