Equityworld Futures Semarang – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Kamis pekan ini. Hal tersebut jelang pengumuman hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia.

Equityworld Futures Semarang : Rupiah Menguat Jelang Pengumuman Suku Bunga Acuan BI

Mengutip Bloomberg, Kamis (18/6/2020), rupiah dibuka di angka 14.062 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.082 per dolar AS.

Menjelas siang, rupiah terus bergerak menguat ke level 14.045 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.025 per dolar AS hingga 14.062 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih melemah 1,29 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.186 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.186 per dolar AS.

kunjungi
PT. Equityworld Futures | Perusahaan Investasi Berjangka

“Saya lihat tadi pagi sentimen negatif membayangi pergerakan aset berisiko dengan sentimen kekhawatiran pasar terhadap meningginya wabah dan konflik di regional Asia antara Korut, Korsel, China, dan India,” kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra dikutip dari Antara, Kamis (18/6/2020).

Sementara itu, lanjut Ariston, sentimen positif masih datang dari stimulus bank sentral AS The Fed yang besar dan rencana stimulus pemerintah AS sebesar 1 triliun dolar AS untuk infrastruktur.

“Selain itu ekonomi new normal yang baru mulai aktif di Indonesia, berpotensi menahan penurunan ekonomi di tengah pandemi,” ujarnya.

news edited by Equityworld Futures Semarang