Equityworld Futures Semarang – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat ( AS ) terus menguat pada perdagangan di awal pekan ini. Bahkan rupiah sempat menyentuh 13.895 per dolar AS yang merupakan posisi terkuat sepanjang tahun ini.

Equityworld Futures Semarang : Rupiah Sentuh 13.895 per Dolar AS, Posisi Terkuat Sepanjang 2019

Mengutip Bloomberg, rupiah dibuka di angka 13.993 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.007 per dolar AS.

Pada siang hari, rupiah terus menguat hingga menyentuh angka 13.895 per dolar AS. Angka ini merupakan penguatan terbesar sepanjang 2019 ini. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah mampu menguat 3,35 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate ( Jisdor ) Bank Indonesia ( BI ), rupiah dipatok di angka 13.970 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.085 per dolar AS.

Pengamat Ekonomi INDEF, Bhima Yudhistira mengatakan, penguatan rupiah ini merupakan salah satu efek dari rekonsiliasi yang terjadi usai Pemilihan Presiden ( Pilpres ) 2019. Khususnya setelah kedua kandidat calon presiden yang bertarung yaitu Jokowi dan Prabowo Subianto bertemu di MRT Jakarta, pada Sabtu pekan lalu.

kunjungi
PT. Equityworld Futures | Perusahaan Investasi Berjangka

“Betul, ( efek dari pertemuan Jokowi-Prabowo ). Salah satunya dari dalam negeri ada harapan rekonsiliasi Jokowi dan Prabowo bisa membawa stabilitas politik dalam 5 tahun kedepan,” ujar dia di Jakarta, Senin (15/7/2019).

Namun selain dampak dari pertemuan tersebut, ada juga faktor lain yang turut mempengaruhi penguatan rupiah hari ini, salah satunyaa soal adanya harapan rilis neraca dagang BPS hari ini surplus.

“Dari faktor eksternal, dollar index dalam sepekan terakhir turun 0,5 persen karena investor melepas kepemilikan aset berdenominasi dolar menyusul sinyal The Fed akan pangkas bunga acuan,” jelas dia.

news edited by Equityworld Futures Semarang