Equityworld Futures Semarang – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menlemah jelang siang hari ini.

Equityworld Futures Semarang : Rupiah Tertekan Imbas Hubungan AS-China Kembali Memanas

Mengutip Bloomberg, Selasa (8/9/2020), rupiah dibuka di angka 14.720 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.740 per dolar AS. Hanya saja, pada pukil 10.00 WIB, rupiah melemah ke 14.780 per dolar AS.

kunjungi
PT. Equityworld Futures | Perusahaan Investasi Berjangka

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.720 per dolar AS hingga 14.782 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 6,30 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.798 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.754 per dolar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra, mengatakan, pagi ini terlihat dolar masih menguat terhadap nilai tukar regional.

“Ini dipicu oleh kekhawatiran terhadap memanasnya hubungan AS dan China karena rencana pemerintah AS yang akan memblokir perdagangan dengan perusahaan semikonduktor terbesar China,” ujar Ariston sepeerti dikutip dari Antara, Selasa (8/9/2020).

Selain itu, lanjut Ariston, indikasi pemulihan ekonomi AS sendiri juga membantu penguatan dolar AS.

“Data-data indeks aktivitas manufaktur dan tenaga kerja AS yang dirilis lebih bagus dari proyeksi di pekan lalu,” katanya.

news edited by Equityworld Futures Semarang