Equityworld Futures Semarang – Saham zona euro naik pada hari Jumat, menandai kenaikan minggu ketiga, karena data menunjukkan aktivitas pabrik pada bulan Februari melonjak ke level tertinggi tiga tahun, sementara pendapatan kuartalan yang optimis mendorong kepercayaan dalam pemulihan ekonomi yang lebih luas.

Equityworld Futures Semarang : Saham Eropa berakhir lebih tinggi karena pendapatan yang kuat

Indeks zona euro naik 0,9%, dengan pendapatan yang kuat dari perusahaan seperti Acciona dan Hermes menimbulkan optimisme atas pemulihan ekonomi akhirnya.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 0,5%, karena aktivitas pabrik regional terlihat mencapai level tertinggi tiga tahun karena permintaan yang kuat untuk barang-barang manufaktur di dalam dan luar negeri.

Pembacaan lain menunjukkan surplus akun saat ini zona euro melebar di bulan Desember karena kenaikan surplus perdagangan dan defisit yang lebih sempit di pendapatan sekunder.

Namun, STOXX 600 menandai kenaikan kecil untuk minggu ini, setelah turun selama tiga sesi terakhir karena kekhawatiran investor tumbuh atas kenaikan inflasi dan peluncuran vaksin COVID-19 yang berbatu.

Tetapi saham sumber daya dasar melampaui rekan-rekan mereka minggu ini dengan lonjakan 7%, karena membaiknya aktivitas industri di seluruh dunia mendorong harga komoditas.

“Tindakan harga yang sedikit merugikan minggu ini memiliki semua ciri hilangnya momentum untuk sementara dan bukan perubahan struktural,” kata Jeffrey Halley, analis pasar senior di OANDA.

“Tidak ada bank sentral utama di dunia yang berpikir untuk melepaskan diri dari keran moneter, kecuali mungkin China. (Pasar) akan tetap memiliki nol persen uang bank sentral sepanjang tahun 2021 (dan) banyak dari itu akan menuju ke pasar ekuitas. “

Risalah pertemuan Bank Sentral Eropa bulan Januari, yang dirilis pada hari Kamis, menunjukkan para pembuat kebijakan menyatakan keprihatinan baru atas kekuatan euro tetapi tampak santai atas kenaikan baru-baru ini dalam imbal hasil obligasi pemerintah.

Sikap santai bank dibenarkan oleh ekonomi zona euro yang membutuhkan dukungan moneter dan fiskal yang berkelanjutan, sebagaimana dibuktikan oleh kontraksi di industri jasa yang dominan di blok tersebut pada bulan Februari.

STOXX 600 telah pulih lebih dari 50% sejak jatuh ke posisi terendah multi-tahun pada Maret 2020, dengan harapan pemulihan ekonomi global tahun ini memicu permintaan untuk sektor-sektor seperti energi, pertambangan, bank, dan barang-barang industri.

FTSE 100 London tertinggal dari bursa regional pada hari Jumat karena penurunan penjualan ritel Januari dan karena pound melonjak ke level tertinggi terhadap dolar dalam hampir tiga tahun.

Produsen mobil Prancis Renault anjlok lebih dari 4% setelah membukukan rekor kerugian tahunan sebesar 8 miliar euro ($ 9,68 miliar), sementara grup makanan Danone dan perusahaan asuransi Jerman Allianz naik menyusul perkiraan perdagangan yang optimis.

Source Reuters

news edited by Equityworld Futures Semarang