Equityworld Futures Semarang – Saham Jepang melonjak pada Kamis, mengikuti rekor tertinggi Wall Street, setelah Federal Reserve AS memproyeksikan lompatan cepat dalam pertumbuhan ekonomi dan berjanji untuk mempertahankan suku bunga rendah.

Equityworld Futures Semarang : Saham Jepang melonjak karena pandangan pertumbuhan Fed

Rata-rata saham Nikkei melonjak 1,53% menjadi 30.372,88 pada 0150 GMT, sedangkan Topix yang lebih luas naik 1,16% menjadi 2.007,05.

“The Fed memberikan kepercayaan investor dengan menghilangkan ketidakpastian prospek suku bunga dengan berjanji untuk mempertahankan suku bunga mendekati nol.”

S&P 500 dan Dow Jones Industrial Average ditutup pada rekor tertinggi pada hari Rabu setelah Fed mengatakan ekonomi AS sedang menuju pertumbuhan terkuat dalam hampir 40 tahun, didorong oleh stimulus fiskal federal besar-besaran dan peluncuran vaksin COVID-19.

Di Jepang, saham terkait chip menguat, dengan saham kelas berat Nikkei Tokyo Electron melonjak 3,82%, Fanuc naik 3,02% dan Advantest naik 4,54%.

Toyota Motor naik 2,82%, memimpin kenaikan Topix. Honda Motor naik tipis 0,55% dan Nissan Motor naik tipis 0,59%.

Maskapai naik, dengan ANA Holdings dan Japan Airlines naik masing-masing 0,57% dan 1,2%, karena panel penasihat pemerintah Jepang tentang penanggulangan virus korona menyetujui rencana untuk membiarkan keadaan darurat berakhir di wilayah Tokyo sesuai jadwal pada 21 Maret.

Ada 184 penguatan pada indeks Nikkei melawan 39 penurunan, dengan saham keuangan di antara yang menguat teratas di bursa utama.

Daiichi Sankyo, naik 3,4%, dan Fanuc naik paling tinggi di antara Topix 30, sementara SoftBank Group dan Seven & i Holdings Co Ltd termasuk di antara yang berkinerja buruk, masing-masing turun 0,82% dan 0,11%.

Source Reuters

news edited by Equityworld Futures Semarang