Equityworld Futures Semarang : Sterling mencapai tertinggi 20 bulan vs euro pada sinyal kenaikan suku bunga baru Bailey

Equityworld Futures Semarang : Sterling mencapai tertinggi 20 bulan vs euro pada sinyal kenaikan suku bunga baru Bailey

Equityworld Futures Semarang – Sterling menyentuh level tertinggi 20-bulan terhadap euro pada hari Senin setelah Gubernur Bank of England Andrew Bailey mengirim sinyal baru bahwa bank sentral bersiap untuk menaikkan suku bunga karena risiko inflasi meningkat.

Equityworld Futures Semarang : Sterling mencapai tertinggi 20 bulan vs euro pada sinyal kenaikan suku bunga baru Bailey

Sterling telah naik 5,5% versus euro tahun ini, dengan analis menunjuk ke ekspektasi BoE akan menaikkan suku bunga sebagai faktor utama yang mendukung pound, sementara ekonomi Inggris berjuang dengan kekurangan tenaga kerja, krisis energi dan meningkatnya kasus COVID-19.

Selama diskusi panel online pada hari Minggu yang diselenggarakan oleh kelompok konsultatif Kelompok 30, Bailey mengatakan BoE “harus bertindak” dalam pertemuan kebijakan moneternya tentang risiko inflasi jangka menengah.

Dia terus percaya bahwa lonjakan inflasi baru-baru ini akan bersifat sementara, tetapi lonjakan harga energi akan mendorongnya lebih tinggi dan membuat kenaikannya bertahan lebih lama.

Di tengah ekspektasi kenaikan suku bunga, imbal hasil obligasi pemerintah Inggris jangka pendek melonjak ke level tertinggi sejak Mei 2019, dengan imbal hasil emas 2 tahun melonjak 16 basis poin mencapai tertinggi 0,747%.

Semalam, sterling melonjak terhadap euro ke level tertingginya di 84,25 sejak Februari 2020. Pada 0835, sterling kehilangan beberapa pergerakan datar di 84,42 pence.

Dibandingkan dolar yang menguat, dolar turun 0,2% lebih rendah pada $ 1,3717, tetapi tidak jauh dari tertinggi satu bulan yang disentuh pada hari Jumat.

“Sterling adalah gainer terbesar semalam setelah Gubernur Bank of England Bailey menyatakan datar bahwa bank sentral Inggris bersiap-siap untuk menaikkan suku bunga,” kata Marshall Gittler, Kepala Riset Investasi di BDSwiss Holding.

BoE tampaknya akan menjadi bank sentral besar pertama yang menaikkan suku bunga sejak awal pandemi. Investor bertaruh pada kenaikan menjadi 0,25% pada bulan Desember.

Investor sedang menunggu data inflasi CPI September untuk Inggris yang akan dirilis pada hari Rabu.

news edited by Equityworld Futures Semarang

ewfsmg

PERHATIAN!
Managemen PT. Equityworld Futures menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap beberapa bentuk penipuan yang berkedok investasi mengatasnamakan PT. Equityworld Futures dengan menggunakan media elektronik ataupun sosial media. Untuk itu harus dipastikan bahwa transfer dana ke rekening tujuan (Segregated Account) guna melaksanakan transaksi Perdagangan Berjangka adalah atas nama PT Equityworld Futures, bukan atas nama individu.