Equityworld Futures Semarang – Harga emas naik tipis setelah tersiar kabar DPR Amerika Serikat (AS) resmi makzulkan Presiden AS ke-45 Donald Trump atas dugaan penyalahgunaan kekusasaan dan menghalangi kongres.

Equityworld Futures Semarang : Trump Dimakzulkan DPR AS, Harga Emas Langsung Terbang

Harga emas di pasar spot bergerak naik pagi ini, Kamis (19/12/2019) dan berada di level US$ 1.477,65/troy ons atau melemah 0,17% dibanding harga penutupan kemarin.

Harga emas bergerak naik setelah DPR AS menyetujui Trump lengser melalui voting yang diselenggarakan pada Rabu (18/12/2019) malam waktu AS. Voting dilakukan atas dua pasal yang mendera taipan properti AS tersebut atas penyalahgunaan kekuasaan dan kasus menghalangi kongres melakukan penyelidikan.

kunjungi
PT. Equityworld Futures | Perusahaan Investasi Berjangka

Dalam voting pasal penyalahgunaan kekuasaan sebanyak 230 anggota parlemen setuju sementara 197 anggota lain menolak. Untuk pasal kedua terkait menghalangi kongres, mayoritas anggota parlemen setuju.

Trump menjadi presiden AS ketiga yang dimakzulkan oleh DPR AS setelah Bill Clinton dan Andrew Johnson. Sebelumnya penyelidikan dilakukan kongres yang diketuai oleh politisi Partai Demokrat Nancy Pelosi setelah Trump kedapatan tersambung dalam panggilan telepon dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Dalam panggilan telepon tersebut TRump meminta Zelensky untuk melakukan investigasi pada lawan politiknya dari Demokrat Joe Biden dan putranya Hunter Biden. Seperti yang diketahui bersama Joe Biden merupakan mantan wakil Presiden AS era Barrack Obama yang berniat melenggang ke Pemilu AS November 2020 melawan Trump.

Menurut kabar, Trump menyediakan dana bantuan keamanan untuk Ukraina sebesar US$ 400 juta sebagai tawaran agar Zelensky mau menuruti apa yang Trump minta. Banyak pihak meyakini upaya ini dilakukan untuk memastikan kemenangan Trump di pemilu mendatang.

Saat ini DPR AS yang dikuasai Demokrat sepakat untuk memakzulkan Trump. AS menerapkan sistem dua kamar atau bikameral artinya selain DPR ada juga Senat. Setelah di DPR proses ini akan bergulir di Senat yang notabene dikuasai Republik.

Jika kedua lembaga sepakat untuk memakzulkan Trump sudah jelas Trump akan lengser dan hingga Januari 2021 AS akan dipimpin oleh wakil presidennya yaitu Mike Pence. Gejolak politik yang terjadi di Paman Sam membuat harga emas jadi punya ruang gerak untuk naik walau tipis seperti pagi ini.

news edited by Equityworld Futures Semarang