Equityworld Futures – Yen menguat terhadap dolar pada hari Selasa karena skandal politik yang melanda pemerintahan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menimbulkan keraguan tentang kemampuannya untuk terus mengejar kebijakan ekonominya, termasuk pelonggaran moneter.

Yen diperdagangkan pada 106,44 per dolar A.S., setelah menguat 0,4 persen hari sebelumnya karena skandal kronisme Abe menarik perhatian baru dari pelaku pasar.

 

Equityworld Futures : Yen Menguat Terhadap Dollar Imbas Skandal Politik  Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe

Departemen Keuangan mengakui pada hari Senin bahwa pihaknya mengubah dokumen yang berkaitan dengan penjualan properti milik negara yang didiskontokan kepada seorang operator sekolah yang memiliki hubungan dengan istri Abe.

Penutupan yang dicurigai bisa memangkas peringkat Abe dan melepaskan harapannya untuk jabatan ketiga sebagai pemimpin Partai Demokrat Liberal (LDP) dalam pemilihan suara LDP pada bulan September.

Hal itu menimbulkan keraguan atas kebijakan refleksi konstitusional Abe, yang dia dorong sejak pemilihannya di tahun 2012 dan memasukkan upaya untuk meringankan yen.

Meskipun keraguan tersebut telah memberikan dukungan pada yen, kekhawatiran atas risiko politik Jepang memiliki pengaruh yang relatif kecil pada pasar yang lebih luas sejauh ini, kata Stephen Innes, kepala perdagangan di Asia Pasifik untuk Oanda di Singapura.

“Saya tidak yakin apakah itu akan cukup untuk mengeluarkan kita dari mode kebangkitan risiko saat ini yang pasar sedang ada,” kata Innes.

“Kita harus melihat eskalasi lebih lanjut … bagi saya untuk benar-benar bersemangat,” kata Innes.

Mata uang utama lainnya sedikit berubah dengan data CPI A.S. karena pada 1230 GMT dipandang sebagai fokus utama hari ini.

 

news edited by Equityworld Futures