EQUITYWORLD FUTURES – PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) sebagai perusahaan yang menangani Esemka siap produksi massal Agustus 2016. Selain mengikuti pameran otomotif, merek nasional itu menargetkan untuk bergabung menjadi anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Hosea Sanjaya, Managing Director PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), mengatakan, Esemka akan menjadi salah satu industri kendaraan bermotor di Indonesia. Oleh karena itu, wajib ikut menjadi bagian dari asosiasi pelaku industri otomotif.

“Jika sudah selesai kita urus semua persyaratannya,” kata Hosea saat berbincang dengan KompasOtomotif, Kamis (2/6/2016).

Sebelumnya, Ketua Umum Gaikindo Johannes Nangoi, pernah menuturkan, pihaknya selalu membuka pintu lebar kepada merek otomotif yang ingin bergabung menjadi anggota, tanpa ada pengecualian. Semakin banyak, justru membuat industri mobil di Indonesia berkembang.

“Kita mempersilahkan siapa saja boleh masuk, tetapi kita punya syarat dan ketentuan yang harus dilalui. Yang terbaru, Wuling sedang mengurus segalannya termasuk ada biaya administrasi dan lain sebagainnya,” kata Nangoi.

Saat ini, member Gaikindo berjumlah 25 APM, yakni Daihatsu, UD Truck, Renault, Chery, MAN Truk, Ford, Chrysler, Jeep, Dodge, Fiat, Alfa Romeo, Audi, Volkswagen, FAW, Geely, Chevrolet, Jaguar, Land Rover, Bentley, Honda, Hyundai, Isuzu, Kia, Mitsubishi, Mazda, Proton, Suzuki, Tata, Subaru, BMW, Peugeot.