EQUITYWORLD FUTURES – Lima mobil Esemka yang akan diproduksi masal oleh PT Adiperkasa Cipta Esemka Hero (ACEH), sudah lulus uji tipe di Kementerian Perhubungan. Namun, informasi lebih rinci mengenai model mobil yang terdaftar tidak disebutkan pihak Kemenhub.

Saat dikonfirmasi kepada pihak PT ACEH, yang diwakili Managing Director PT ACEH Hosea Sanjaya, dirinya masih enggan untuk menyebutkan lebih rinci. Hosea hanya mengatakan, kalau Esemka nantinya akan fokus untuk produksi kendaraan komersial pedesaan.

“Esemka hanya fokus untuk kendaraan komersial seperti pickup dengan beberapa varian produk. Esemka akan ikut serta membangun ekonomi pedesaan dengan menyediakan kendaraan tersebut,” ujar Hosea kepada KompasOtomotif, Senin (2/5/2016).

Hosea melanjutkan, kendaraan-kendaraan yang akan diproduksi masih dalam tahap finalisasi produk. Melalui model ini juga, Esemka diharapkan bisa ikut mengembangkan industri karoseri dan komponen lokal.

“Mobil model ini akan relatif lebih mudah dan cepat bagi kami (Esemka) untuk memberdayakan industri karoseri dan juga komponen lokal. Sehingga kandungan lokal akan signifikan,” tutur Hosea.

Sebelumnya, sumber KompasOtomotif dari Kementerian Perindustrian mengatakan, kalau di antara lima mobil tersebut ada juga model multi purpose vehicle (MPV) dan sport utility vehicle (SUV), selain dari pikap.