EQUITYWORLD FUTURES – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang merencanakan akan membangun jalan layang (flyover) di atas bundaran Semanggi. Ada dua flyover yang direncanakan akan dibangun di lokasi tersebut. Posisi keduanya nantinya akan saling menyilang.

Kepala Dinas Bina Marga Yusmada Faizal mengatakan, masing-masing flyover yang akan dibangun di bundaran Semanggi adalah flyover untuk ruas Senayan-Cawang, dan Grogol-Kebayoran Baru. Ia menyebut kedua flyover tersebut adalah flyover yang akan digunakan untuk kendaraan yang hendak berbelok ke arah kanan di masing-masing ruas.

“Misalnya dari arah Ratu Plaza (Senayan) ke Cawang, nanti tidak perlu lagi lewat bawah. Bisa langsung naik flyover ke kiri terus langsung kanan. Konsepnya itu menyederhanakan Semanggi dengan membuat akses khusus yang belok kanan minimal dua, Ratu Plaza ke Cawang, dan Grogol ke arah Kebayoran Baru,” kata dia di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (1/7/2015).

Menurut Yusmada, tujuan pembangunan flyover di bundaran Semanggi adalah untuk menyederhanakan lalu lintas kendaraan. Sebab selama ini, kata dia, di bawah bundaran Semanggi sering terjadi pertemuan antara dua arus lalu lintas kendaraan.

“Kan ada yang dari bawah mau ke atas, ada yang dari atas ke bawah itu saling berbenturan. Yang seperti itu akan kita hilangkan dengan membuat jalur tadi,” ujar dia.