EQUITYWORLD FUTURES – Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menerima Anugerah Pembangunan Bidang Kependudukan (Population Award) tahun 2015. Sigit dinilai sebagai kepala daerah yang peduli dalam upaya mengatasi permasalahan kependudukan di Kota Magelang.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo kepada Sigit yang diwakili oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Keluarga Berencana (BPMP-KB) Kota Magelang, Wulandari Wahyuningsih, pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional Tingkat Jateng di Alun-alun Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (6/8/2015) lalu.

“Penghargaan ini milik masyarakat Kota Magelang. Tentunya akan menjadi penyemangat kami untuk meningkatkan penanganan masalah kependudukan, utamanya meningkatkan kualitas penduduk agar makin sejahtera,” kata Sigit Widyonindito, dalam keterangan pers, Senin (10/8/2015).

Sementara itu, Kepala BPMP-KB Wulandari Wahyuningsih menjelaskan bahwa Population Award diraih Wali Kota Magelang berkat kekonsistenan dalam melaksanakan pembangunan berwawasan kependudukan di Kota Sejuta Bunga ini.

Beberapa kebijakannya berdampak pada angka total fertlity rate (TFR) atau nilai rata-rata anak yang dilahirkan seorang wanita selama masa usia subur melebihi target tingka Provinsi Jawa Tengah, bahkan nasional.

“Kebijakan Wali Kota dalam mengendalikan kuantitas penduduk berdampak angka TFR sebesar 1,9. Angka ini melebihi target tingkat nasional dan Provinsi Jateng,” kata Wulan.

Selain Wali Kota Magelang, penghargaan ini juga diberikan kepada sejumlah bupati, wali kota, tokoh agama, tokoh masyarakat, maupun individual di Jawa Tengah yang fokus dalam penanganan masalah kependudukan, baik dari aspek pengendalian kuantitas penduduk, peningkatan kualitas penduduk, maupun penguatan kelembagaan kependudukan.