EQUITYWORLD FUTURES – Kejadian kocak namun berbahaya ini terjadi para penerbangan Xiamen Airlines pada akhir pekan lalu, rute Kota Hangzhou ke Chengdu.

Dilaporkan oleh Shanghaiist, Rabu (17/12), seorang pria mengejutkan seisi pesawat saat membuka pintu darurat ketika hendak lepas landas.

Pramugari sontak menghambur dan berupaya menghalangi pria itu. Salah satu petugas menanyakan alasannya. Rupanya, lelaki tak disebut namanya ini merasa kegerahan. “Dia berkata ingin mencari udara segar,” kata salah penumpang yang mengunggah foto insiden itu ke jejaring sosial Weibo.

Usut punya usut, ternyata lelaki itu baru pertama kali naik pesawat. Pramugari akhirnya memindah tempat duduknya ke posisi belakang, jauh dari pintu darurat supaya dia tak lagi bertingkah.

Beberapa penumpang menyesalkan mengapa dia tidak didenda lantaran membahayakan penerbangan. Soalnya untuk kejadian yang sama tahun lalu, seorang pria dikenai denda USD 14.800.

Adapun maskapai enggan memperpanjang masalah dan membiarkan penumpang debutan itu meneruskan perjalanan. Beruntung landasan darurat tidak mengembang dari pintu yang dibuka pria tersebut, sehingga penerbangan Xiamen pekan lalu tak perlu tertunda lebih lama.