Kalau mendengar Google tengah berinovasi lewat sistem operasi Andorid mungkin sudah biasa, tapi bagaimana jika perusahaan termahal di dunia sedikit pindah haluan dan malah membuat mobil?

Mobil buatan Google pun sudah bisa ditebak tak jauh-jauh dari konsep teknologi masa kini. Terbukti, lewat mobil ini Google mengenalkan konsep baru mobil tanpa setir dan pedal gas. Lalu bagaimana cara mengendalikannya?

Ternyata mobil yang masih berbentuk prototipe ini telah dikemudikan sepenuhnya secara otomatis oleh komputer. Komputer ini juga lah yang mengatur sistem untuk pengereman dan kemudi jika ada kesalahan kendali mobil. Kecepatan maksimal yang mampu dicapai oleh kendaraan ini sementara hanya 25km per jam saja, Engadget (27/5).

Sistem kemudi otomatis di mobil ini juga merupakan adaptasi dari software yang sama pada mobil ternama seperti Toyota Priuses dan SUV Lexus yang biasa digunakan untuk berkendara di jalan tol selama lima tahun ini.

Mobil ini pun dibuat dengan desain melingkar yang unik, layaknya sebuah mobil mainan anak-anak. Untuk meningkatkan keamanan si mobil, Google sengaja membuat bodi mobil ini dengan campuran bahan busa dan kaca yang fleksibel yang mampu mengurangi kerusakan saat menabrak sesuatu.

Ke depannya, Google masih belum ada rencana untuk memasarkan mobil ini. Tampaknya perusahaan ini masih menunggu pinangan dari pihak lain untuk memproduksi mobil ini untuk keperluan jasa pengiriman ‘tanpa awak’.