Gegap gempita piala dunia sepak bola sudah di depan mata. Google pun turut serta menyambut perhelatan akbar 4 tahunan ini lewat Google Doodle untuk hari ini.

Jika Anda hari ini (12/6/14) mengakses laman awal search engine Google, pastinya nampak sesuatu yang cukup asing. Ya, logo Google berubah! Perubahan tersebut ditujukan untuk menyambut Piala Dunia Brasil yang akan dimulai esok hari, Jumat tanggal 13 Juni.

Pada logo tersebut, ada simbol ‘play’ sing bila di-klik akan menampilkan sebuah animasi menarik yang sangat ‘bercita rasa’ Brasil sebagai host piala dunia kali ini.

Animasi tersebut diawali dengan menggelindingnya sebuah bola ke depan logo Google, ajaibnya semua huruf pada logo tersebut akan tampak hidup dan melompat-lompat ‘kegirangan’ diikuti dengan berubahnya latar belakang.

Animasi berikutnya menampilkan latar belakang logo Google yang dipenuhi oleh tempat-tempat khas di Brasil. Misalnya, di bagian belakang terdapat salah satu kereta gantung atau gondola paling terkenal di dunia, Sugarloaf Mountain Aerial Tram, yang terletak di Rio de Janeiro, Brasil.

Fasilitas gondola ini bisa mengantarkan wisatawan ke Gunung Sugarloaf yang tingginya 396 meter. Tak lupa, di samping gondola tersebut ada patung raksasa terkenal bergaya Art Deco, Kristus Penebus, yang telah lama menjadi landmark kota Rio.

Pada background logo juga nampak ilustrasi perkotaan Brasil dengan gedung-gedung tingginya disertai dengan lingkungan hijau khas negara-negara tropis.

Selanjutnya, jika Anda mengklik lagi logo tersebut, Google akan mengarahkan Anda ke laman pencarian yang menampilkan jadwal pertandingan pertama Grup A antara tuan rumah Brasil melawan Kroasia yang akan dihelat pada tanggal 13 dini hari nanti. Di bawahnya terdapat pula hasil pencarian lain yang berkaitan dengan perhelatan Piala Dunia Brasil, seperti situs resmi FIFA untuk piala dunia.