EQUITYWORLD FUTURES – Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan bahwa tidak selamanya pejabat daerah datang ke Jakarta untuk melakukan hal-hal di luar tugasnya. Menurut dia, para pejabat daerah datang ke Ibu Kota untuk memperjuangkan kepentingan daerahnya. Mereka menjalin komunikasi dengan kementerian/lembaga demi merealisasikan program-program daerah.

“Persoalan Papua kan kompleks ya, tidak bisa sederhana sendiri. Para bupati juga berjuang sendiri, bagaimana dapat uang mungkin itu datang ke Jakarta, komunikasi dan kementerian dan lembaga itu, program-program,” kata Lukas di Istana Bogor, Senin (24/8/2015).

Lukas juga membantah anggapan bahwa dia tidak ingin mendampingi Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja ke Papua, 8-9 Mei 2015. Ia mengklaim bahwa ketika itu Presiden sudah mengetahui dirinya tengah dirawat di di RS Gatot Subroto, Jakarta

“Sudah tahu, kan saya tugaskan wagub dan saya kasih tahu, saya tidak bisa apa-apa, saya tujuh hari di Gatot Subroto,” ucap dia.

Terkait polemik pejabat daerah ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla sebelumnya menyampaikan bahwa pejabat daerah, termasuk pejabat di Papua perlu didisiplinkan sehingga tidak lebih banyak keluyuran di Jakarta dan meninggalkan daerahnya. Pejabat daerah mana pun yang keluyuran tanpa izin patut dikenai sanksi.