EQUITYWORLD FUTURES – Aktivitas Gunung Api Gamalama di Ternate Maluku Utara meningkat dengan semburan abu vulkanik setinggi 500-600 meter yang terjadi Rabu (3/8/2016) pagi sekitar jam 06.00 WIT.

Dari pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Ternate, semburan asap condong ke arah timur selatan dengan warna asap putih sampai kelabu.

“Semburan asap tadi mulai jam 06.28 WIT dengan ketinggian asap 500-600 meter condong ke arah timur selatan dengan warna putih sampai kelabu,” kata Jajat, staf Pos Pemantau Gunung Gamalama.

Sementara itu, Hemi menuturkan Bandara Kuabang, Tobelo Maluku Utara yang berjarak 29 nano meter (NM) dari area abu vulkanik masih dalam kondisi normal beroperasi dan tetap akan diawasi.

EQUITYWORLD FUTURES : Sejauh ini, lanjutnya, gempa-gempa tremor masih dirasakan dengan amplitudo 0.5-1.5 mm.

“Pantauan kami abunya masih tipis. Untuk status gunung gamalama sendiri sejauh ini masih waspada level II,” tambah Jajat.

Masyarakat diimbau untuk tidak percaya dengan isu-isu yang ada terkait status Gunung Gamalama.

“Jangan percaya isu-isu, sebaiknya menanyakan langsung kami soal aktifitas gunung gamalama,” ujar Jajat.

Masyarakat bersama pendaki gunung maupun wisatawan juga diimbau tidak mendekati kawah gunung hingga radius 1,5 kilometer.

“Pantauan data VAAC, Badan Meterologi Klimatologi dan Geologi (BMKG) masih terus dilakukan,” pungkas Hemi.

Seperti diketahui, abu vulkanik yang dikeluarkan oleh gunung berapi bisa membahayakan penerbangan. Bahkan, aktivitas bandara juga bisa terganggu apabila terdapat abu vulkanik. – Equity world Futures