EQUITYWORLD FUTURES – Jelang Ramadhan 2016, penjualan mobil bekas (mobkas) rupanya belum terlalu signifikan. Satu minggu sebelum bulan Ramadhan, biasanya menjadi momen dimulainya para pedagan mobkas menuai panen justru masih terlihat normal.

Ming Tarja, selaku penjual mobkas di MGK-Kemayoran, mengatakan sampai saat ini masih normal belum terlihat adanya serbuan pembeli.

“Biasanya satu minggu jelang puasa sudah mulai ramai, tapi sampai saat ini masih biasa saja. Kalau untuk harga mobil bekas pedagan saat ini lebih banyak beli dari sesama pedagang karena orang yang jual mobkas mau puasa harganya sudah tinggi-tinggi,” ujar Ming saat disambangi Otomania, Rabu (1/6/2016).

Ming, mengatakan bahwa saat ini orang menjual mobkas seperti Avanza, Xenia, dan Livina memanfatkan momen Lebaran dengan mematok harga di bawah standar. Contoh untuk Avanza 2014 matik bila biasanya ia mengangkat dengan harga Rp 120 juta sampai Rp 125 juta, saat ini harganya bisa sampai Rp 135 jutaan.

“Harga yang diminta cukup tinggi, selain itu tidak mau nego. Fenomena ini memang biasa saat musim Lebaran, entah karena mereka juga butuh uang atau mau ganti mobil baru, tapi biasanya kalau tidak laku juga sampai Lebaran harganya langsung terjun bebas,” ucap Ming.

Menurutnya, untuk jenis mobil yang menjadi incaran memang lebih banyak model MPV, tapi hal tersebut relatif karena tidak semua orang membeli mobil untuk keperluan mudik.

“Ada orang yang beli mobil karena dapat tunjangan hari raya (THR), pilihnya hatchback atau city car, lagian belum tentu semuanya suka dengan MPV, mudik pakai hatchback juga cukup nyaman tapi unitnya tergantung kebutuhan,” kata Ming.