EQUITYWORLD FUTURES – Hari ini, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dilantik sebagai gubernur DKI Jakarta oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana. Pelantikan itu akan digelar siang nanti sekitar pukul 14.00 WIB.

Ahok sebelumnya merupakan wakil gubernur DKI Jakarta di bawah komando Jokowi. Namun, jalan Ahok menuju orang nomor satu di ibu kota tidaklah mulus.

Hal tersebut tidak terlepas banyaknya pro dan kontra dari berbagai kalangan. Mulai dari penolakan, Front Pembela Islam (FPI) hingga jegalan dari Koalisi Merah Putih (KMP) DKI Jakarta di bawah komando M Taufik.

“Jadi soal pelantikan saya tidak ada hubungannya dengan DPRD, ini ada hubungannya dengan SK presiden saja, yang lantik juga presiden, SK presiden,” kata Ahok.

Selain itu, pelantikan Ahok juga diperkuat dengan Keputusan Presiden yang diterbitkan Jokowi. “Keputusannya sudah ada,” kata Mensesneg Pratikno di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/11).

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, mengatakan pelantikan Ahok akan dimulai sekitar pukul 14.00 WIB. Pelantikan besok, akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Jadi tadi koordinasi untuk pelantikan Pak Ahok. Ada Pak Sekda, ada dari BKD, Setneg, koordinasilah segala macam untuk mengamankan DKI Jakarta,” jelasnya.

Sementara itu, pihak kepolisian sendiri juga telah bersiaga menjaga pelantikan Ahok. Tak tanggung-tanggung, kepolisian menerjunkan 21 ribu personelnya yang terdiri dari 1.000 personel Mabes Polri, dan 20 ribu personel dari Polda Metro Jaya.