EQUITYWORLD FUTURES – Lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Presiden Joko Widodo, Senin (21/12/2015). Acara pengucapan sumpah dilakukan di Istana Negara pada pukul 13.30 WIB.

Dalam acara pengucapan sumpah pimpinan KPK periode 2015-2019 ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla juga rencananya akan hadir, termasuk menteri Kabinet Kerja, dan sejumlah pimpinan lembaga negara.

Pimpinan KPK periode 2015-2019 yang akan mengucapkan sumpah ini telah melalui proses seleksi di DPR. Kelima pimpinan KPK itu adalah asilnya, Agus Rahardjo, Basaria Panjaitan, Alexander Marwata, Laode Muhammad Syarif, dan Saut Situmorang.

Berdasarkan hasil voting anggota Komisi III DPR, Agus Rahardjo terpilih menjadi Ketua KPK.

Terkait pimpinan baru KPK ini, Presiden Joko Widodo ingin mereka bisa cepat bekerja setelah resmi mengucap sumpah jabatan. Jokowi juga meminta masyarakat tidak tergesa menilai pimpinan baru KPK sebelum melihat kinerjanya.

“Jangan dikomentari dulu. Kalau sudah bekerja nanti publik bisa menyampaikan kritik, (sekarang) kerja saja belum,” kata Jokowi, di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/12/2015) lalu.

Selain menyaksikan pengucapan sumpah pimpinan baru KPK, Jokowi akan bersilaturahim dengan kepala sekolah penerima anugerah integritas Ujian Nasional pada pukul 09.00 WIB, dan penyerahan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Tahun 2015 pada pukul 15.00 WIB.