EQUITYWORLD FUTURES – Presiden Joko Widodo dijadwalkan  mengumumkan paket kebijakan ekonomi baru pada Rabu (9/9/2015) hari ini.

Paket kebijakan ekonomi ini diharapkan dapat memperbaiki kondisi perekonomian nasional yang melambat.

“Hari ini saya bersama dengan Menteri Koordinator Perekonomian akan meluncurkan paket kebijakan ekonomi terobosan yang komprehensif agar kita semua dapat segera keluar dari tekanan ekonomi ini,” kata Jokowi di Facebook-nya jelang subuh tadi.

Jokowi mengatakan saat ini kita masih berada dalam tekanan ekonomi global.

“Ini bukan perkara mudah, tidak bisa diatasi dengan cara-cara biasa. Tujuan dari kebijakan ini tidak saja berupa stimulus bagi dunia usaha, tetapi juga dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh rakyat banyak terutama yang berpenghasilan rendah,” kata Jokowi.

Dia mengajak semua kalangan untuk bahu membahu dalam membangun mesin ekonomi baru Indonesia, yang bisa dinikmati oleh semua.

Sebelumnya,  Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki di kompleks Istana Kepresidenan Selasa (8/9/2015) menjelaskan Presiden mendengar berbagai masukan tidak hanya dari kalangan menteri bidang ekonomi tetapi juga dari kalangan pelaku usaha baik pengusaha besar maupun kecil dalam menyusun paket kebijakan ekonomi ini.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, Paket Kebijakan yang dimaksud diantaranya penyederhanaan 154 aturan (deregulasi) yang selama ini dinilai menghambat kegiatan ekonomi. Menurutnya paket kebijakan tersebut akan efektif menstimulus ekonomi nasional yang ikut melemah terseret perekonomian global.