EQUITYWORLD FUTURES – Setelah pencarian hari ke dua belum membuahkan hasil, TNI Angkatan Udara kini melanjutkan pencarian pesawat AirAsia QZ-8501 menuju titik koordinat terakhir di sekitar perairan Pulau Belitung, Selasa (30/12) pagi. Satu unit pesawat Hercules C 130 A-1319 dan pesawat CN 295 TNI AU dikerahkan untuk pencarian hari ketiga ini.

Komandan Lanud Marsekal Pertama TNI AU Sri Pulung mengatakan, pihaknya bakal mengupayakan kekuatannya hingga memperluas lokasi pencarian mulai dari perairan Selatan Tanjung Pandan, Bangka Belitung, dan Kalimantan, Pangkalan Bun, hingga di daratan wilayah tersebut.

“Sesuai dengan perintah dari Basarnas kami melaksanakan pencarian yang lebih lanjut untuk hari ketiga, area sudah dibagi. Kami akan melaksanakan pencarian di wilayah-wilayah tersebut,” ujarnya sebelum melakukan penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (30/12).

Menurut dia, pesawat diterbangkan dari Lanud Halim Perdanakusuma. Adapun pesawat CN 295 memiliki kemampuan terbang selama 8 jam, sedangkan C130 dengan kemampuan 10 jam terbang.

“Dengan melihat penerbangan (pencarian) sebelumnya, kami akan melaksanakan lebih detail ke area-area pencarian itu sesuai yang kami dapat informasi dari Basarnas,” katanya.

Dia menambahkan, cuaca cerah membantu pencarian pesawat hilang tersebut. “Cuaca pada hari cukup mendukung untuk melakukan pencarian,” tambahnya.