Pilihan dan pilihan hadir di pasar mobile Indonesia. Berbagai macam vendor mencoba mengusung produk-produk mereka untuk pengguna perangkat mobile Tanah Air.

Mulai dari vendor terkenal seperti Samsung, Apple, Sony, LG, HTC, Nokia sampai dengan perusahaan-perusahaan mobile lainnya, berebut untuk mendapatkan konsumen di Indonesia. Salah satunya adalah Himax.

Himax adalah perusahaan yang dibentuk pada pertengahan tahun 2012 di Tokyo dan telah menjatuhkan pilihannya untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat bisnis mereka.

Setelah seri I dan seri II dirilis, tiba saatnya Himax PURE III menunjukkan dirinya. Berbeda dengan kedua seri sebelumnya, apa yang dibawa oleh Himax PURE III ini lebih tinggi dari sisi kualitas dan juga kemampuannya.

Smartphone yang telah lulus uji kelaikan di Ditjen Postel Indonesia di awal Januari 2014 lalu tersebut memiliki kualitas jempolan yang tidak kalah dengan produk-produk mobile yang sekarang ini beredar di pasaran Indonesia atau juga di dunia.

Apabila Himax PURE I menggunakan prosesor Dual-Core dan Himax PURE II menggunakan prosesor Quad-Core, kali ini, Himax melengkapi PURE III ini dengan prosesor Octa-Core yang memiliki kecepatan 1714 MHz. CPU di dalamnya adalah MT6592 ARM Cortex – A7.

Untuk mendukung prosesor yang besar itu, Himax juga telah membenamkan RAM sebesar 1GB LPDDR3 yang diklaim lebih hemat dapat menghemat energi sebanyak 20 persen dibandingkan dengan chip memori pada umumnya. Serta, dengan RAM sebesar ini, penggunanya dapat melakukan multi-tasking secara lancar.

Sedangkan untuk GPU-nya, Himax membekali PURE III ini dengan Quad-Core GPU Mali 450 MP4 dengan frekuensi 700MHz yang sangat cepat digunakan untuk bermain game ‘berat’ sekalipun.

Secara keseluruhan, dimensi total dari smartphone satu ini adalah 139,8 x 66,2 x 8,6 mm dengan berat hanya 146,6 gram. Sedangkan untuk layarnya, Himax melengkapi PURE III ini dengan layar berukuran 4,7 inci HD yang beresolusi sebesar 1280 x 720 pixel (16M, ~321 ppi) dan telah menggunakan teknologi IGZO capactive touchscreen serta Dragontrail X Glass yang juga digunakan pada iPad Air.

Dari segi desain, Himax PURE III ini sedikit mirip dengan Oppo N1, yaitu penggunaan kamera yang dapat diputar ke depan, atas dan belakang. Untuk body-nya sendiri, smartphone ini lebih mengutamakan sisi minimalis dan mirip seperti desain body yang dimiliki oleh produk-produk dari Sony, yaitu Xperia series.

Dikarenakan kameranya hanya satu dan dapat diputar-putar angle-nya, maka tidak ada apa yang disebut dengan kamera depan atau belakang. Kameranya tersebut memiliki resolusi sebesar 13MP dengan sensor CMOS. Terdapat juga flash light di sebelah lensa serta dapat digunakan untuk merekam video (1080p).

Himax PURE III ini menggunakan 2 operating system yaitu Amigo 4.2.5 (berbasis Android 4.2 Jelly Bean) dan sebagai tambahan adalah Android 4.2.2 Jelly Bean. Selain memiliki 2 operating system, smartphone ini juga dilengkapi 2 slot untuk SIM Card (Micro SIM).

Smartphone ini dapat berjalan di frekuensi GSM/EDGE (850, 900, 1800, 1900MHZ) dan WCDMA/HSPA+/DC-HSDPA (900, 1900, 2100 MHz).

Untuk sisi fasilitasnya, Himax telah menambahkan segudang fitur umum dan juga menarik seperti Wi-Fi 802.11 n/b/g, Bluetooth 4.0, GPS, A-GPS, E-Compass, Gravity sensor dan banyak lagi.

Kapasitas internal di dalamnya sebesar 16GB yang sayangnya tidak dapat ditambah karena tidak terdapatnya slot untuk external storage. Baterai yang digunakannya adalah Polymer yang miliki daya sebesar 2200 mAh, yang mampu bertahan sampai dengan 480 jam untuk standby, >17 jam untuk bicara, >50 jam untuk pengolahan data, >13 jam untuk menonton video atau memainkan musik dan >6,5 jam untuk bermain game.

Kabarnya, pada saat perilisan perdana, seperti dilansir di fanspage Himax di Facebook , dalam waktu 2 minggu saja, Himax PURE III ini sudah terjual sebanyak 10 ribu unit, dengan harga satuan adalah Rp 2,3 jutaan.

Untuk membeli perangkat mobile satu ini, telah disediakan H-Code yang dapat diperoleh di website resmi Himax . Dalam penjualannya, Himax menggandeng sejumlah partner di Indonesia.