Banyak cara untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 69 yang tinggal dua hari lagi. Di Sukoharjo, Jawa Tengah, yakni kawasan simpang lima atau tugu Adipura, Jumat siang (15/8) sejumlah warga dan ratusan siswa mengibarkan seribu bendera merah putih.

Bendera yang tertiup angin menjadi tontonan warga dan pengguna jalan. Bahkan tak sedikit mereka yang berhenti untuk mengabadikan momen tersebut dengan telepon genggamnya.

Titik Widati, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Taman Siswa, Sukoharjo, yang turut serta dalam acara tersebut mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-69. Dia sengaja mengajak para siswa untuk lebih mencintai bangsanya sendiri dengan cara ikut mengibarkan sekitar seribu bendera.

“Ini sebagai salah satu cara mengekspresikan kecintaan siswa kepada NKRI. Sekaligus untuk memeriahkan peringatan HUT RI ke 69. Dengan kegiatan ini, kita berharap anak-anak bisa lebih mencintai bangsanya sendiri dan mengisi kemerdekaan sesuai dengan bidangnya masing-masing,