EQUITYWORLD FUTURES – Indonesia dan Brasil sepakat untuk terus memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

Selain menempatkan masing-masing perwakilan negara, kedua negara menyepakati beberapa hal terkait hubungan kerja sama di bidang ekonomi, dan hubungan antara Brasil dengan negara-negara ASEAN.

Pembicaraan kesepakatan kerja sama tersebut dilakukan dalam pertemuan antara Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Brasil Mauro Luiz Vieira, di Paris (29/11/2015).

“Keduanya menyambut baik penyerahan surat kepercayaan Duta Besar RI untuk Brasil pada 4 November 2015. Menlu Brasil menyampaikan bahwa proses pengiriman Duta Besar Brasil untuk Indonesia saat ini juga sedang dalam proses,” demikian keterangan tertulis Kemenlu RI yang diterima Kompas.com, Selasa (1/12/2015).

Dalam pertemuan kedua Menlu, Brasil menunjukkan keinginannya untuk meningkatkan hubungan dengan ASEAN dengan menjadi salah satu mitra ASEAN.

Menlu RI Retno Marsudi menyarankan agar Dubes Brasil untuk Indonesia juga merangkap sebagai Dubes Brasil untuk ASEAN, sehingga interaksi Brasil dengan ASEAN mulai dilakukan.

Keduanya kemudian sepakat untuk terus meningkatkan hubungan bilateral, terutama di bidang ekonomi. Salah satunya terkait beberapa keluhan mengenai non-tariff barrier dalam perdagangan dua pihak.

Kedua menteri juga sepakat agar dilakukan pembahasan untuk mengindentifikasi hambatan tersebut dan mengupayakan penyelesaiannya.

Selain itu, dibahas juga persiapan penyelenggaraan Conference of Parties (COP21), yaitu pertemuan tahunan yang menjadi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim.

Indonesia dan Brasil adalah negara dengan hutan yang cukup besar. Kedua negara juga akan berpartisipasi dalam kegiatan beberapa kepala negara mengenai “Forests and Climate Change” serta “ Mission Innovation”yang akan diselenggaran disela-sela pertemuan COP21.

Kegiatan “Mission Innovation” merupakan kegiatan yang mendorong dimajukannya energi terbarukan.