EQUITYWORLD FUTURES – Pemerintah Indonesia menyesali peluncuran roket jarak jauh oleh Pemerintah Korea Utara. Indonesia meminta Korea Utara mematuhi resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, agar tidak menimbulkan ketegangan antarnegara.

“Indonesia sangat menyayangkan bahwa himbauan masyarakat internasional, agar Korut tidak melaksanakan peluncuran uji coba roket jarak jauh untuk membawa satelite tidak diindahkan,” demikian bunyi siaran pers Kementerian Luar Negeri RI yang diterima Kompas.com, Minggu (7/2/2016).

Tindakan Korut tersebut dinilai telah melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 1718 (2006), 1874 (2009) dan 2087 (2013). Selain itu, tindakan tersebut telah menciptakan ketegangan di negara-negara Kawasan.

Pemerintah Indonesia mendesak agar pemimpin Korea Utara menghormati dan mematuhi Resolusi DK PBB, serta menahan diri dari tindakan-tindakan provokasi.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga mengimbau semua pihak untuk melakukan langkah- langkah guna menurunkan ketegangan.

Selasa lalu, Korut memberi tahu PBB mengenai rencana meluncurkan satelit pada rentang waktu 8-25 Februari ini.

Banyak kalangan mencurigai, Korut bisa memanfaatkan kesempatan itu untuk peluncuran rudal jarak jauh menyusul percobaan senjata nuklir keempat mereka, 6 Januari lalu