EQUITYWORLD FUTURES – Mesir membuka perluasan besar-besaran untuk kanal atau terusan Suez, yang memperdalam jalur air dan menambah jalur sepanjang 35 km untuk kapal.

Pada upacara peresmian, Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi menyambut para pemimpin asing di atas kapal pesiar bersejarah sementara helikopter dan pesawat perang terbang di atasnya.

Perluasan ini bertujuan untuk meningkatkan lalu lintas yang ditangani kanal. Pemerintah Mesir berharap pemasukannya akan membangkitkan ekonomi, tetapi para pengamat menyangsikan perkiraan yang dibuat.

Mereka menegaskan perdagangan dunia tidak tumbuh pada tingkat yang diperlukan agar memenuhi nilai yang diharapkan Mesir.

Warga Mesir yang berkomentar di media internasional dan Twitter terlihat terpecah terkait dengan proyek ini.

Sebagian mempertanyakan apakah dana sebesar 8,2 miliar dollar AS yang dipakai untuk membuat perluasan kemungkinan lebih baik digunakan untuk memperbaiki prasarana umum dan layanan masyarakat.

Perluasan ini memungkinkan lalu lintas dua arah di sepanjang jalur, disamping kapal yang lebih besar secara umum. Pembangungan jalur baru ini dimulai setahun lalu atas perintah Presiden Sisi.