EQUITYWORD FUTURES – Masyarakat di Asia Tenggara masih memiliki kekhawatiran yang tinggi terhadap sisi keamanan berbelanja daring atau pembelian barang dan jasa melalui media internet.

Hasil riset MasterCard pada tahun akhir tahun 2015 melansir melalui indeks safety & security dari MasterCard menemukan masyarakat di kawasan tersebut tetap merasa lebih aman untuk berbelanja langsung di dalam toko dibandingkan secara daring.

Dari data MasterCard yang diterima Kontan, Senin (25/1/2016) melaporkan, sebanyak 19 persen dari masyarakat di kawasan Asia Tenggara merasa paranoid ketika berbelanja daring. Kemudian, masyarakat lainnya sebesar 68 persen tetap merasa waspada dan hanya sebesar 13% masyarakat yang merasa percaya diri ketika belanja melalui situs online.

Misalnya, masyarakat di Thailand dan Vietnam merupakan pembelanja dengan tingkat kekhawatiran paling tinggi saat berbelanja daring, sebaliknya masyarakat Indonesia merupakan pembelanja daring dengan tingkat kepercayaan diri yang paling tinggi.

MasterCard menilai, seiring dengan perkembangan teknologi pembayaran, konsumen juga diharapkan mengerti bagaimana teknologi yang terus berkembang ini juga turut serta menjaga mereka agar tetap aman, serta apa saja yang perlu mereka lakukan untuk melindungi diri.

Berikut beberapa tips agar tetap aman saat berbelanja secara daring serta membantu mengubah kekhawatiran masyarakat menjadi lebih percaya diri saat berbelanja daring:

1. Gunakan website yang sudah dikenal atau familiar yang pernah Anda atau teman-teman kunjungi untuk berbelanja daring.
2. Perhatikan apakah browser Anda sudah dalam keadaan terkunci (lock) guna memastikan situs yang Anda kunjungi adalah aman.
3. Lacak daftar pembelian dengan memonitor aktivitas akun Anda secara online dan memeriksa laporan pengeluaran Anda. Apabila terdapat sesuatu yang mencurigakan, hubungi bank Anda sesegera mungkin.
4. Pastikan password Anda kuat dan tidak mudah diketahui orang lain. Sebaiknya password yang digunakan terdiri dari delapan karakter yang meliputi kombinasi dari angka dan huruf.
5. Jangan gunakan password yang sama pada merchant (online shop) yang berbeda ataupun password yang Anda gunakan untuk login ke akun e-mail Anda.
6. Selalu baca syarat dan ketentuan yang berlaku, dan pahamilah isinya sebelum melakukan pembelian.
7. Pastikan perangkat lunak (software) antivirus yang Anda gunakan sudah up-to-date serta dapat memblokir pop-up yang muncul saat Anda berbelanja daring.
8. Selalu gunakan kartu Anda. Jangan pernah transfer uang secara langsung, karena jika Anda merupakan korban penipuan, uang anda tidak terlindungi.
9. Apabila Anda memiliki kekhawatiran sebelum melakukan pembayaran, hubungi tim customer service dari online shop terkait untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Anda.
10. Apabila Anda merasa bahwa Anda merupakan korban penipuan, hubungi bank penerbit kartu Anda sesegera mungkin.