EQUITYWORLD FUTURES – Xiaomi dikabarkan akan segera merilis varian Mi 4. Ponsel Android itu dikatakan bakal memiliki label nama resmi Mi 4c.

Saat ini, smartphone tersebut telah didaftarkan di TENAA (atau Dirjen Postel-nya China). Dari foto yang dirilis oleh lembaga tersebut, Mi 4c tampaknya memiliki desain fisik yang tidak berbeda dari Mi 4i.

Techgadgetsz Mi 4c di situs TENAA

Sekadar informasi, Xiaomi belum merilis Mi 4i di negara asalnya, China. Perangkat tersebut baru beredar di beberapa negara Asia saja, seperti India dan Indonesia.

Tidak hanya dari TENAA, bocoran informasi perihal perangkat ini pun muncul dari sebuah gambar kotak penjualannya. Berdasarkan foto tersebut, diketahui bahwa Mi 4c sudah akan menggunakan USB tipe C.

Selain itu, kotak penjualan tersebut juga membagikan beberapa informasi perihal spesifikasi perangkat. Ia dikatakan akan menggunakan SoC buatan Qualcomm, Snapdragon 808 1,8 Ghz hexa-core.

SoC tersebut masih sedikit lebih cepat dari yang dipersenjatai Xiaomi di Mi 4i. Di perangkat versi itu, Xiaomi menggunakan Snapdragon 615, juga buatan Qualcomm.

Layarnya sendiri berjeniskan IPS dengan bentang 5 inci yang mendukung resolusi Full HD 1080 piksel.

Selain itu, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Gizmochina, Selasa (1/9/2015), spesifikasi yang ada tidak jauh berbeda dari Mi 4i, seperti RAM 2 GB, media penyimpanan internal 16 GB, kamera belakang 13 megapiksel, kamera depan 5 megapiksel, dan baterai 3.000 mAh.

Xiaomi Mi 4c dikatakan akan berjalan di sistem operasi Android 5.1.1 dengan tampilan antarmuka terbaru MIUI 7.

Menariknya, meski memiliki spesifikasi sedikit lebih tinggi dari Mi 4i, Mi 4c digosipkan akan dibanderol dengan harga yang tidak terlalu berbeda. Perangkat itu akan dijual dengan harga 1.299 yuan atau sekitar Rp 2,8 juta.

Xiaomi Mi 4c dikabarkan akan dirilis pada 24 September 2015 mendatang dan mulai dijual pada 3 Oktober di China. Masih belum diketahui, apakah akan masuk ke Indonesia atau tidak.